Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2008-10-08

Beethoven-Bill Gates-Andrie Wongso-Stevie Wonder-Ucok Baba

Kutu anjing adalah binatang yang mampu melompat 300 kali tinggi tubuhnya. Namun, apa yang terjadi bila ia dimasukkan ke dalam sebuah kotak korek api kosong lalu dibiarkan disana selama satu hingga dua minggu? Hasilnya, kutu itu sekarang hanya mampu melompat setinggi kotak korek api saja! Kemampuannya melompat 300 kali tinggi tubuhnya tiba-tiba hilang.


Ini yang terjadi. Ketika kutu itu berada di dalam kotak korek api ia mencoba melompat tinggi. Tapi ia terbentur dinding kotak korek api. Ia mencoba lagi dan terbentur lagi. Terus begitu sehingga ia mulai ragu akan kemampuannya sendiri.

Ia mulai berpikir, "Sepertinya kemampuan saya melompat memang hanya segini." Kemudian loncatannya disesuaikan dengan tinggi kotak korek api. Aman. Dia tidak membentur. Saat itulah dia menjadi sangat yakin, "Nah benar kan ? Kemampuan saya memang cuma segini. Inilah saya!"

Ketika kutu itu sudah dikeluarkan dari kotak korek api, dia masih terus merasa bahwa batas kemampuan lompatnya hanya setinggi kotak korek api. Sang kutu pun hidup seperti itu hingga akhir hayat. Kemampuan yang sesungguhnya tidak tampak. Kehidupannya telah dibatasi oleh lingkungannya.


Pada kejadian yang lain...
Di Mexico ada sebuah patung yang sangat indah dan diberi nama yang agak aneh, yaitu "In Spite Of..." artinya "Meskipun..." Nama yang diberikan tidaklah sesuai dengan bentuknya tetapi adalah sebuah nama untuk menghormati si pemahat. Pada saat proses pembuatan patung dan masih setengah jadi, si pemahat mengalami kecelakaan dan mengakibatkan cacat tetap pada tangan kanannya dan tidak bisa lagi berfungsi dalam proses penyelesaian patung yang masih setengah jadi itu.

Tekad si pemahat untuk tetap menyelesaikan karyanya begitu besar, dia melatih tangan kirinya untuk memahat seterampil tangan kananya hingga akhirnya patung itu tetap mampu diselesaikan sesempurna jika dia menggunakan tangan kanannya. Itulah sebabnya masyarakat setempat memberi nama patung itu "In Spite Of..." untuk menghargai tekad luar biasa si pemahat.


Pada dua penggal cerita tersebut, ada dua sikap yang berbeda dan bertolak belakang. Yang pertama, si kutu anjing menyerah pada batas-batas yang ada, yang akhirnya kepercayaan pada dirinya sendiri hilang... tidak percaya pada kemampuannya sendiri yang sebenarnya. Potensi yang sangat besar pada dirinya akhirnya tidak pernah muncul lagi.

Pada cerita ke dua, si pemahat tidak menyerah dengan keterbatasan pada dirinya. Dia berusaha mengembangkan dan memaksimalkan potensi dirinya. Tekad dan keyakinan diri yang luar biasa, membuatnya dapat menyelesaikan tugasnya.

Sesungguhnya banyak hal yang bisa menjadi kotak korek api dalam kehidupan kita. Atasan yang takut tersaingi misalnya. Ketika anda mencoba melompat tinggi, dia tidak pernah memuji, bahkan justru tersinggung. Dia adalah contoh kotak korek api yang bisa mengkerdilkan anda.

Teman kerja juga bisa jadi kotak korek api. Mungkin ada rekan kerja yang berkata, "Ngapain sih kamu kerja keras seperti itu, kamu nggak bakalan dipromosikan, kok." Ingat! Mereka adalah kotak korek api. Mereka bisa menghambat perkembangan potensi diri Anda.

Korek api juga bisa berbentuk kondisi tubuh yang kurang sempurna, tingkat pendidikan yang rendah, kemiskinan, usia dan lain lain. Bila semua itu menjadi kotak korek api maka akan menghambat prestasi dan kemampuan anda yang sesungguhnya tidak tercermin dalam aktivitas sehari-hari.

Bila potensi anda yang sesungguhnya ingin muncul, anda harus take action untuk menembus kotak korek api itu.

Lihatlah Ucok Baba, dengan tinggi tubuh yang di bawah rata-rata ia mampu menjadi presenter di televisi.
Helen Keller. Dengan mata yang buta, tuli dan "gagu" dia mampu lulus dari Harvard University .
Bill Gates tidak menyelesaikan pendidikan sarjananya, namun mampu menjadi "raja" komputer.
Nelson Mandela, yang menjadi presiden Afrika Selatan setelah usianya lewat 65 tahun.
Kolonel Sanders, sukses membangun jaringan restoran fast food ketika usianya sudah lebih dari 62 tahun.
Meskipun buta, Stevie Wonder adalah pemusik yang melantunkan lagu "I Just Call To Say I Love You."
Meskipun tuli, Beethoven menjadi penggubah musik yang luar biasa.
Meskipun rhematik kronis menyerang tangannya, Renoir terus berkarya sebagai seorang pelukis.
Meskipun hanya mengenyam pendidikan sekolah dasar, Andrie Wongso adalah pengusaha sukses dan motivator nomor satu di Indonesia.

Mereka adalah orang yang mampu menembus kungkungan kotak korek api. Merekalah contoh sosok orang yang merdeka, sehingga mampu menembus berbagai keterbatasan. Mereka semua tidak pernah menangisi keterbatasan. Mereka menembus batas.

Seorang yang bijak mengatakan "Strecth the Goal". Lenturkan lagi pencapaian anda. Kalau kemampuan maksimal anda sekarang mengangkat barang seberat 50 kg. Coba tanamkan di hati bahwa anda mampu mengangkat barang 60 kg. Latih dan upayakan terus hingga mampu mencapai 60 kg. Ada ungkapan lain 'jangan berharap hasil luar biasa kalau kita bekerja biasa biasa saja'.

Meskipun buta, tuli, lumpuh, cacat, tua, miskin, ibu rumah tangga, sakit-sakitan, muda, sibuk, tak ada waktu, berpendidikan rendah, tidak sekolah, drop-out, gemuk, kurus, tidak cantik, yatim-piatu dsb, setiap orang tetaplah memiliki kesempatan untuk mengatasi kesulitannya dan berprestasi, meraih sukses serta meraih apa saja yang menjadi keinginannya.

2 comments:

Eνeгyοne lοvеs what you guyѕ tenԁ to bе
up too. Thіѕ sort of clеver ωork аnԁ cоveгage!
Keер uр thе terrific worκs guys I've you guys to blogroll.

My homepage - cats

When ӏ οriginallу cоmmented
I clіcked the "Notify me when new comments are added" chеckbox anԁ now eаch time a сomment iѕ аԁded I get four e-maіls
wіth the ѕame comment. Is there any wаy you сan remоve
people from that seгvice? Cheers!

Heгe iѕ my ωeb-site - simple wood projects

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -