Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-03-18

Rosela, Si Cantik Merah Yang Menggairahkan

Info Rosella by catalog tukang nggame. Si cantik merah yang menggairahkan begitulah orang menyebutnya untuk tanaman yang memiliki bunga berwarna merah nan indah. Flora yang mempunyai nama latin Hisbiscus sabdariffa ini mempunyai khasiat untuk mencegah kanker, radang, melancarkan peredaran darah, mengendalikan tekanan darah dan melancarkan metabolisme


Pada awalnya, tanaman ini diketahui hanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan karung goni, karena seratnya yang tinggi. Tapi yang itu ternyata dari species Hibiscus cannabicus, sedangkan species Hibiscus sabdariffa awalnya hanya dimanfaatkan sebagai minuman penyegar, dengan mengekstrak kelopak bunga yang digunakan sebagai bahan untuk sirup, teh, selai dan lain-lainnya. Padahal, ternyata kelopak bunga rosela mengandung kadar vitamin C yang tinggi serta vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin A, vitamin D, asam amino dan beberapa senyawa penting lainnya. Dari 22 asam amino yang diperlukan tubuh manusia, 18 diantaranya terdapat dalam kelopak bunga rosela, termasuk arginin dan leginin, yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Bahkan kelopak bunga rosela juga mengandung protein, phospor dan zat besi. Tumbuhan ini juga dapat diolah menjadi campuran salad, puding dan bahkan asinan.

tag,catalog,contest,Rosela,Hibiscus Sabdariffa,tukang nggame

Tumbuhan ini juga dapat dimanfaatkan untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Asam urat yang merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat, disebabkan tingginya asupan purin dalam makanan, sehingga sendi terasa nyeri bahkan bisa membengkak. Hal ini juga tak terlepas dari kurang lancarnya metabolisme dalam tubuh.

Untuk mengatasinya antara lain:

Membatasi asupan purin ke dalam tubuh dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang kadar purinnya tinggi.
Memperbanyak minum air putih.
Menghindari latihan fisik yang berlebihan.
Mengurangi makanan yang berlemak
Menghindari pemakaian sepatu yang berhak tinggi dan sempit
Menghindari stres yang berlebihan.

Sedangkan makanan yang termasuk mengandung kadar purin yang tinggi adalah udang, remis, kerang, cumi, sarden, kaldu daging, ragi, alkohol dan jeroan.

tag,rosela,Hibiscus sabdariffa,tukang nggame
Apa yang harus dilakukan jika kadar asam urat dalam tubuh sudah terlanjur tinggi?
Brithish Journal of Clinical Pharmacology, sebuah jurnal kesehatan di Inggris, menyatakan bahwa lebih dari 80 persen penyakit rematik dan asam urat menjadi reda setelah si penderita menjalani teraphi herbal.

Menjalani terapi herbal dengan mengkonsumsi Rosela bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif. Kandungan kalsium dan fosfornya bisa meningkatkan masa tulang, sedangkan kandungan flavonoidnya membuat jaringan sendi dan matriks tulang bisa diperbaiki.

Di Indonesia, pemanfaatan tanaman Rosela sebagai bahan minuman sudah lama dikenal. Kini pemanfaatannya telah beralih sebagai minuman tradisional lezat yang bermanfaat bagi kesehatan, hal ini akibat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menggunakan bahan nabati dalam membantu memelihara kesehatan.

Diposting siang 18391 catalog tukang nggame

30 comments:

walah, gw kira tadi artis mana lagi nih yang berbugil ria....

ada gairah2nya ...

wuahahahaa... met pagi broo...

jangan lupa koment di pesta taman ku ya...

cheerrsssssssss

iya nih katanya bagus utk yg asam urat dan darah tinggi, rasanya katanya asem-asem gemana gitu hehehe

mama etha suka mik itu klo pagi ...

jadi bergairah deh bacanya. apalagi kalo ngelihatnya secara langsung...

Hmmm, enak banget lho rasanya, warnanya juga cantik dech secantik namanya...:)

Rasanya enak, tampaknya juga cantik, dan manfaatnya banyak sekali, makasih ya Bang Erik atas infonya...

aku udh minum teh rosella loh bang..
enak bangeedd and haruum

Posting yang sangat bermanfaat bagi yang asam uratnya tinggi neh hue he

Nice posting ..!!!

udang, remis, kerang, cumi......wlehhh
sulit dq tuk mengatakan TIDAK!!!
gimana tuh mangg

kasih pic na bang biar tw kek apa sih bentuknya

wahh..kirain tadi nama orang hehehe..bagus namanya yah..coba ada picnya bang..biar tau yang mana namanya rosella itu..

kirain nama artis dari amerika latin.

Nita punya nih gambar roselanya... http://nengniniet.blogspot.com/2009/02/rosela.html
Yang nita rasain sih, stl minum rosela, klo flu cepet sembuhnya! alhamdulillah...

eh, maaf nyelonong aja.. salam kenal!

wah kirain bunga mawar neh kang :D

baru kl ini denger...hihihi

weleh ternyata byk khasiatnya yah, ndak didarat aja tp juga di dunia maya terutama SERP...hahahah

klo utk technorati tinggal cek aja langsung blog reactionsnya dr sana kang ;)

hibiscus..bunganya indah, kalo ada orang dari mesir saya selalu minta oleh-oleh teh hibiscus, di Mesir dikenal dengan korkodih kalo ngga salah..
tumbuhan ini bisa tumbuh kalau ditanam di Ina, bungannya indah, disamping untuk mempercantik kebun bunga atau pekarangan, khasiatnya juga bisa untuk dibuat sirup atau teh..thanks sharenya bang erik..dikasi imagenya dong, biar pembaca jadi tau seperti apa si cantik merah itu :)

wew...heeuheu udah terhipnotis ama postingan yg kemaren2..kiraaaaain

bisa surat-suratan sama Roselanya...?

namanya cantik,rosela.emang bunganya seperti apa yap om?

ooo...ya aye tau bang!!

rosela itu yang minumnya diseduh itu yak? sering ada yang jual tuh di kantor... teh rosela... gitu nyebutnya...

Ternyata kaya juga indonesiaku

:D rosela..kayaknama telenovela ya...
ahiakss ahiaksss

Lagi lagi dan lagi ...postingannya bermanfaat bung Erik

berkhasiat tuk mengobati apa sih bang..??

Di Madiun juga dah banyak yang nanam tuh, mas. Ternyata tumbuhnya gampang juga kok.
Kembali pada obat-obatan herbal toh bagus juga, ya ??

wah alami itu baik...
sama batunya ponari lebih mujarap mana ya...hhha

betul banget itu bang Erik, Rosella selain untuk yang asam urat ternyata juga bisa menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes. ibu saya teratur minum Rosella dan alhamdulillah kadar gula darahnya jadi bagus.
good posting!

Udah sering sih mendengar nama rosella...tapi sampe sekarang belum sempet mencicipi..padahal banyak rumah makan di solo yang sekarang menjual minuman rosela selain es teh ma es jeruk.....hehehe...besok dehh pas jajan mo mencoba...nice posting bang...
Eh nambahin... katanya rosella juga bisa mengurangi penderita obesitas lho bang....katanya sih....:D

penasaran juga nih ama rosela, gak ada pic nya ya bro..

Iya ni, rosella lagi booming banget.. di setiap swalayan ada... Ada yang dikemas eksklusif, sampe yang dikemas biasa aja, tentu aja dengan harga yang berbeda.. :)

lho kok jadi ada foto Rosela saya di sini? :D

klo mo lihat picturenya kunjungan dunk blog ane. ane jual juga olahannya seperti sirup dan manisan merk nya hilwa merupakan suplemen untuk stamina dan daya tahan tubuh , selain khasiat nya yg lain bila rutin mengkonsumsinya... blog ane http://ukmashsholihin.wordpress.com

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -