Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-07-27

Spirulina

Spirulina telah dikenal beratus-ratus tahun yang lalu mulai dari suku Aztec kuno di Meksiko, kemudian terus berkembang dan dikonsumsi secara sederhana oleh manusia di berbagai benua. Awal tahun 1940-an jurnal ilmiah mengenai Spirulina mulai bermunculan dan kini Spirulina dikenal sebagai pangan alami bergizi tinggi di berbagai negara. Lebih dari 200 studi klinis mengenai Spirulina telah dipublikasikan. Uji klinis yang sangat beragam seperti peranan Spirulina dalam mengatasi Virus Herpes, Diabetes Melitus, Toksisitas pada hati, kesehatan ginjal dll.


Spirulina adalah ganggang renik (mikroalga), berbentuk spiral, bersel satu dan berwarna hijau kebiruan. Dinding sel lunak, mudah dicerna tanpa perlu proses produksi lebih lanjut. Spirulina termasuk ke dalam Thallophyta yaitu tumbuhan yang tidak mempunyai daun,akar dan batang yang sejati. Spirulina memiliki zat warna Cyanophysin, sehingga dikenal juga dengan nama Cyanobakterium, ini dicirikan oleh adanya zat warna biru dalam spirulina. Kandungan pigmen atau zat warna yang ada pada spirulina adalah Klorofil (hijau), karotenoid (jingga), betacaroten (jingga kemerahan), Phycocianin (biru). Secara garis besar kandungan nutrisi pada spirulina berupa protein 60-70%, karbohidrat 15-25%, lemak 6-8%, mineral dan vitamin 7-13%, serat 8-10%. Spirulina mengandung Calcium Spirulan yang diketahui bekerja sebagai antiviral/ antivirus.

spirulina,health, Kesehatan,  virus herpes, diabetes melitus

Spirulina merupakan tumbuhan air mikroalga (Cyanobacteria) yang telah ada sejak 3.5 milyar tahun yang lalu dan telah dikonsumsi oleh suku Aztec kuno di Mexico sejak 5 abad yang lalu. Terdapat ± 2000 jenis Spirulina di dunia, dari berbagai penelitian diketahui bahwa spirulina dari species platensis merupakan spirulina yang aman untuk dikonsumsi dan memiliki nilai gizi yang tinggi.

Manfaat Spirulina


SUPERFOOD
Spirulina kaya akan zat gizi, mengandung 60% protein nabati, Vitamin B kompleks, Asam lemak esensial, Vitamin, mineral dan pigmen alami. Zat gizi dalam spirulina berguna untuk melengkapi kecukupan gizi yang diperlukan oleh manusia setiap hari.

DETOKSIFIKASI
Klorofil di dalam Spirulina akan bekerja untuk membersihkan dan membuang toksin (racun) yang berasal dari bahan pengawet makanan, obat-obatan, cemaran air dan bahan-bahan kimiawi yang menumpuk di dalam darah. Klorofil juga berguna untuk mengurangi aroma tubuh yang tidak sedap

MEMPERBAIKI SISTEM PENCERNAAN
Spirulina memiliki Protein Efficiency Ratio yang sangat tinggi, sehingga lebih cepat diserap tubuh. Dinding sel nya terbuat dari protein, polysacarida dan enzyme serta tidak memiliki selulosa sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh

MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH
Spirulina mengandung phycocianin, klorofil dan polysacarida yang membantu meningkatkan aktifitas unsur-unsur antibodi untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, maupun parasit, sehingga tubuh memiliki daya tahan yang lebih kuat.

MENYEHATKAN DARAH
Spirulina juga mengandung klorofil, Vitamin B 12, Asam folat dan zat besi yang duperlukan untuk pembentukan darah merah. Konsumsi Spirulina pacifica secara teratur akan mencegah terjadinya anemia ( kurang darah).

ANTI KANKER dan ANTIOKSIDAN ALAMI
Polusi, stress, sinar matahari, bahan-bahan kimia dll merupakan sumber radikal bebas. Di dalam tubuh radikal bebas yang berlebih dapat menyebabkan berbagai kerusakan fungsi organ. Spirulina mengandung Antioksidan seperti Selenium, Vitamin E, enzyme SOD yang dapat memperkecil resiko kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Phytonutrien dalam Spirulina (betakaroten,klorofil, xanthofil, phyocianin) merupakan anti kanker alami.



Telah lebih dari 30 tahun Spirulina memberikan manfaat kepada banyak orang di seluruh dunia untuk membersihkan dan memberi gizi bagi tubuh. Beberapa pernyataan yang dikeluarkan media internasional mengenai Spirulina sbb :

1974 : Makanan ideal untuk masa depan oleh FAO- PBB

1983 : Makanan alami terbaik Ekspo makanan sedunia di Jerman Barat 1994 : Rusia mengumumkan Spirulina sebagai antiradioaktif

2006 : Khasiat Spirulina untuk Anemia,Utusan Mayasia Online

Add to Technorati Favorites


Hot News and Article:













































Artikel Edukasi/SNMPTN/SPMB:














Artikel kesehatan - Health Article:





























Film, video youtube 3Gp:







Artikel Infotainmnet, Artis, Model dan Selebritis:









<





















Artikel Antivirus lainnya:










Kontes SEO Blogger Bertuah - RUSLI ZAINAL SANG VISIONER




25 comments:

PERTAMAAAAAAAAAAAAXX...

protes saiia kang... 'telah dikenal beratus-ratus tahun yang lalu'... ko' saiia gag kenal sapa itu spirulina kang?! baby sitter tetangga sebelah iia kang?!?! heheheheh... canda kang candaaa...

buat ngobatin banyak macem penyakit iia... terimakasih nii kang info nya.. mangstabs suratabss :thumbsup: udah sarapan kang?!??!

saiia pamit mo bobo dulu iia kang... tp sebelumnya mo cari makan dulu, baru bobo... makasih udah mampir ke tempat saiia kang...

ternyata saiia nya beneran pertamaxxx iia??!?!? ck ck ck ck . . . permisiii... :D

ngepasin ahhh 3x biar mantebs :)

Saya pernah ambil spirulina...diperkenalkan oleh sahabat saya.
tidak berapa memahami apakah fungsinya yang sebenarnya sehingga membaca entri brader. Makasih atas infonya. Salam

dapet banyak info neeehh.. thanks yah mas... :)

wah kok baru dengar sekarang yah, spirulina keren juga tuh namanya, btw kalo di indo bahan makanan/obat apa yang sudah menggunakan spirulian/

waaahhh makasih mas info nya...siiip

Infonya manfaat Bang Erik, makasih banyak ya...:)
Yang alami memang dahsyat khasiatnya, sedahsyat penciptanya.

Selalu saja infonya sangat bermanfaat bro ....
Jujur aku baru dengar tentang ini ...wajib hukumnya ntuk nyari dan nyoba nih.
Thanks bro

wakh...keren buanget nih informasinya kang.....mantabbbb

wooo hebat yak ternyata manfaatnyah

waaa yg baru denger sekarang soal spirulina ini sih TER-LA-LU!
lha wong udah lama kok ada, aku pernah mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen...ternyata khasiatnya : ampuh !

jadi teringat saat SMU
ganggang oh ganggang....

wah khasiatnya banyak sekali ya..makasih infonya

o iya bang, aku juga pake produk MLM yang terbuat dari spiriluna ini, bagus hasilnya...sukses ya bang..

Alami dan mentehatkan...koq seperti obat yaa pak...? Padahal kan cuma dioleh sederhana sebagai suplement thooo...???

spirulina di indonesia adalah makanan kalangan di atas menengah.
orang miskin dilarang sehat?

Wah ane gak kenal tuh Spirulina,,tapi kalo spirtus ane tau bro,, hehehe Just kidding bro,
Kayaknya ni ganggang yang biasa diiklanin di majalah TR*UB*S ya bro,,
Mantap ni infonya,
Salam kenal,

Kristanto| Cara meringankan akses ke Blog Anda

wah dimana adanya ? bisakah aku mengembangbiakanya ?

spirulina aku gak ngeh bos... kalo si paulina sih aku ngerti. mantan paca ku dulu:D
salam kenal dr newbie mas... berkunjung ya...

spirulina enaknya dimasak apa mas? wah, bapak satu ini selalu memberikan info2 penting buat kita.. thx bos..

spirulina...kok aku baru denger ya thanks infonya bang...

Betul sekali mas ,sangat berguna utk kesehatan tubuh kita ,tetapi harganya masih cukup mahal yaa utk masyarakat kebanyakan....,nah pasti ada antioksidans lain yang cukup murah.... ;)

saya memproduksi sprirulina, bahan-bahan nya aya ambil dari jawa tenggah.ada yg berminat memasarkan??? sumpah ini bukan MLM

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -