Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-02-08

TIPS DARI SOBAT, "MENJAGA KESEHATAN MATA"

Setelah 2 minggu menggunakan kaca mata pinjaman, pada hari Jum'at sore (6 Peb 2009) saya ditelpon toko kaca mata, dikabari bahwa kaca mata pesanan saya sudah selesai. Lumayan lama memang, karena pembuatan lensanya dilakukan di Jakarta. Saya segera ke toko tersebut, sekalian mengembalikan kaca mata yang dipinjamkannya. Bagaimanapun, terasa kurang nyaman juga menggunakan kaca mata tersebut, selain model frame-nya yang kurang pas buat saya, lensanya juga bukan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan mata saya. Tapi dari pada belum ada, ya saya gunakan juga sekali-sekali.


Terimakasih buat semua sobat yang telah mensuport secara moril buat saya.

Terimakasih juga buat sobat yang telah memberi masukan/saran/tips mengenai perawatan/menjaga kesehatan mata di postingan Mohon Maaf Sobat... dan Katarak :

Zie zie, Cece, Mylearningdays dan Bunda:
"Teraphy menggunakan jus wortel dan tomat"

Abang :
Kurangi dulu aja menatap monitornya, kalo abang sih setiap setengah jam abang ninggalin monitor selama 15 menit, trs abang keluar ruangan melihat benda-benda lainnnya agar menetralisasi sisa cahaya monitor dimata kita ...

Bunda Rierie :
pake softlense aja kayak bunda nich...

Onik:
gw juga sering perih2 di mata krn kelamaan natap komputer di kantor maka selalu bawa obat tetes mata air (dibuat spt mata air utk membasahi mata). kalo menatap komputer, frekwensi mengedip mata pun berkurang maka mata jadi kering.

Afie:
meskipun sudah pake kacamata, nanti jangan lupa berkedip kalau di depan layar komputer...jangan terlalu dekat dg layar, posisi kepala jangan sampai menengadah (sedikit menunduk lebih baik)...

Budiawan Hutasoit:
usahakan setiap satu jam, alihkan mata dari monitor..rehat. jadi otot mata tdk terus menerus dipaksa.
ini yg kadang2 tidak kita sadari.

sekali2..matanya dikompres sob..pake irisan timun (kalo bisa yg dingin), trus taro dimata..dan kita tiduran santai..biar otot matanya bisa relaksasi

Brian:
sebaiknya tidak berlama-lama di depan komputer dulu nih sebelum kaca matanya jadi, karena tanpa kacamata otot mata Mas Erik harus terus berkontraksi menyesuaiakan bentuk bola mata sehingga pandangan menjadi fokus akibatnya mata menjadi capek dan perih

Rosa:
emang ngeri yah....tapi keknya bisa tuh disembuhin ama bunga kitolod yang ada di postinganku dulu itu....asalkan dirawat dengan teratur...

ALi Fahru:
Ambil beberapa daun sirih, dicuci bersih kemudian taruh pada piring dan siramlah dengan air panas. Setelah dingin, ambil daun sirih itu dan tutupkan pada kedua mata. Gunakan pada malam hari sebelum tidur...

Fanny:
Saya punya saran, untuk membuat mata rileks, sering2 melihat pepohonan yang hijau. Itu akan membantu mata agar lekas pulih dari kelelahan.

Tambahan dari saya:
Hindari membaca sambil berbaring/terlentang, karena selain cahayanya menjadi berkurang karena tertutup buku, posisi tersebut juga menekan syaraf mata, sehingga mata menjadi lebih cepat lelah.
Fungsikan mata sesuai dengan kehendak sang Pencipta, yaitu untuk melihat hal-hal yang dihalalkan dan membaca hal-hal yang bermanfaat.


Terima kasih buat kang Seno yang telah mereferensikan membaca tips di Jardiknas Cilacap

Saran-saran dari Sobat yang sangat bermanfaat.

Dan yang berikut ini, tips yang saya peroleh dari blog Jardiknas Cilacap, tentang bagaimana menjaga kesehatan mata kita saat bekerja di depan komputer. Saya sudah minta ijin copas he.he.he...

1–Bekerjalah dalam ruangan yang cukup cahaya.

Perhatikan pencahayaan dalam ruang kerja anda. Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela. Letakkan lampu di atas kepala. Hindari anda menatap cahayanya secara langsung. Sebaliknya, jangan pula bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap atau redup. Usahakan agar ruangan anda cukup terang agar mata anda tidak bekerja terlalu keras.

2–Gunakan filter monitor.

Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. Berbicaralah pada vendor perlengkapan komputer anda untuk mendapatkan filter yang baik dan mampu mengurangi pengaruh radiasi, bukan hanya sekedar meredupkan cahaya monitor.

3–Periksa monitor anda.

Periksa apakah monitor anda masih bekerja dengan baik? Bandingkan dengan monitor lain. Bila gambar yang tampak semakin buram, berkedip-kedip atau tidak nyaman bagi mata anda, maka sudah waktunya untuk memperbaiki atau mengganti monitor itu. Lebih baik mengganti monitor daripada membiarkan mata anda terganggu. Sering-seringlah membersihkan monitor dari debu dan kotoranyang mengganggu layar.

4–Letakkan kertas kerja agar mudah dibaca.

Jika anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda. Ini agar anda tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja anda, setelah membaca di layar monitor.

5–Perhatikan posisi monitor.

Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus anda. Hal ini selain agar tidak melelahkan mata anda, juga menjaga agar bahu dan leher anda cukupnyaman bekerja.

5–Bekerjalah dengan “font” yang cukup besar.

Bila anda harus mengedit tulisan di depan komputer, pastikan ukuran atau “font” hurup yang anda gunakan cukup besar. Jangan paksa mata anda untuk membaca hurup kecil pada monitor. Mata anda bukanlah mikroskop bagi tulisan yang ada di layar monitor. Gunakan fasilitas untuk memperbesar atau menyesuaikan besar tampilan gambar di monitor anda. Bila anda telah selesai mengedit atau membacanya, anda bisa kembalikan font tersebut ke posisisemula.

6–Istirahatkan mata anda.

Relakskan mata anda. Pejamkan atau kerjap-kerjapkan. Jangan kucek-kucek mata anda. Namun, sering-seringlah berkedip. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata anda tetap basah dan sejuk. Bila anda terlalu lama melihat dalam jarak dekat, alihkan pandangan anda ke arah yang jauh. Lakukan ini selama beberapa menit setiap 30 menit.

7–Periksa kacamata atau lensa kontak.

Bila anda menggunakan kacamata atau lensa kontak dan anda harus bekerja sepanjang hari di depan monitor, ada baiknya anda konsultasikan dengan dokter mata atau optik anda agar anda bisa mendapatkan kacamata yang sesuai. Baik, ukuran lensa dan framenya. Bila anda merasa lelah menggunakan kacamata, tanggalkan saja. Kacamata bisa membuat mata lelah.
Sesekali biarkan mata anda melihat bebas. Namun, segera kenakan kacamata anda bila merasa harus mengenakannya. Jangan paksa mata anda melihat tanpa bantuan kacamata anda.

Btw, mari kita do'akan sobat sobat blogger yang sedang sakit, semoga diberi kesabaran dan kesembuhan. Salah seorang yang sedang sakit adalah mbak Hellen. Info terakhir dari mbak Lyla, mbak Hellen sudah siuman namun masih dirawat di rumah sakit.

73 comments:

perasaan, lama sekali yah kacamata pesananmu itu mas...

Selamat menikmati kacamata baru...
Semoga dunia makin terlihat indah dan berwarna...

Akhirnya jadi juga kacamatanya. Biasanya pas awal2 make kacamata, kepala akan terasa pusing, mata belum terbiasa. Tapi tar kalo udah seminggu, udah biasa.

Semoga kacamatanya membantu banyak ya Mas Erik, saya juga masih belum bisa lepas dari kaca mata hue..he... eh, ada link saya, makasih mas Erik, tar saya tautin juga di postingan berikut.

wahh selamat bang Erik..
mudah2an dengan kacamata baru semua urusan dan kerjaan jadi makin lancar..
juga urusan ngeblognya heheheheh

waaah selamat kang sudah ada kaca matanya... bagaimana tipe-nya... waaah kalau bisa di fhoto kacamatanya kang buat di postingan, huehehehehe

Lensanya dah Minus atau Silinder bang...
Semoga matanya ngga sakit2 lagi ya..??

!!!Easy Get Money!!!
1. go to the following link; http://www.AWSurveys.com/HomeMain.cfm?RefID=tutekx Join this site. It is also free. You get paid for completing surveys over there 6$ to 4$ dollars per survey and 1.25$ per referral . have a 1 year premium account and now i am collecting some exta cash .
2. Then create a paypal PREMIUM Account at this address. It is free; ; http://www.paypal.com or Click Here When asked for credit card details simply say cancel. You do not need to fill it . Another thing you can also use paypal money to buy stuff on ebay and other shopping sites.
3. Thats is it. So Simple and I swear it works.
4. I learnt this from another friend and i thought it will be good for my friends here. So I thought of helping
5. Try Now Click Here
6. Click Detail Information
=======================================================================================
!!!Easy Get Money!!!
1. go to the following link; http://www.AWSurveys.com/HomeMain.cfm?RefID=tutekx Join this site. It is also free. You get paid for completing surveys over there 6$ to 4$ dollars per survey and 1.25$ per referral . have a 1 year premium account and now i am collecting some exta cash .
2. Then create a paypal PREMIUM Account at this address. It is free; ; http://www.paypal.com or Click Here When asked for credit card details simply say cancel. You do not need to fill it . Another thing you can also use paypal money to buy stuff on ebay and other shopping sites.
3. Thats is it. So Simple and I swear it works.
4. I learnt this from another friend and i thought it will be good for my friends here. So I thought of helping
5. Try Now Click Here
6. Click Detail Information

Syukurlah kalo dah jadi kacamata nya mas erik, jgn dipake terus, jgn pernah di lepas, kecuali pada situasi dan kondisi tertentu

selamat deh udah jadi kacamata nya, biar lancar nge Blognya :)

Yuph bank, bermangfaat banget postingannya buat orang yang menghabiskan 2/3 hidupnya di depan komputer seperti saya ...

Cheerrss

kayanya bulan ini banyak blogger kena sakit mata. termasuk aku :) sampe2x kemarin ke dokter mata :D

memang kesehatan mata adalah sesuatu yang sangat penting dan berharga, baik yang pake kaca mata ataupun yang masih normal kesehatan mata perlu dijaga, rajin makan jus wortel adalah salah satu cara menjaga kesehatan mata!

alhamdulillah, sekarang udah jelas...
tks, tips and tricksnya, saya teruskan ke Bu Noor... soalnya dia pake kacamata juga...

nambah usul: warna theme blog ini diganti aja, latar gelap dan huruf putih rasanya kurang nyaman di mata *demi kesehatan mata lho*, hehehe

selamat bermata empat deh bung erik ..semoga daya lihatnya makin dahsyat .. he..he..he

kok lama banget jadinya sih Rik....
biasanya bisa ditunggu kalo bikin kacamata...

weeey, sekarang lebih jelas dong kalo mau blogwalking.. hehe..

syukurlah akhirnya sudah pakai kacamata .. saya sih pakai screen filter di layar kompienya untuk mengurangi bias sinar yg menyakitkan mata. yaa kira2 fungsinya spt kacamata rayban gitu...

fotonya yg berkacamata di aplot doong....

halo, pak...
Saya punya saran, untuk membuat mata rileks, sering2 melihat pepohonan yang hijau. Itu akan membantu mata agar lekas pulih dari kelelahan.

siap tuk dilaksanakan

wah,...syukurlah klo sudah dapat...tinggal ke foto studio,...xixi.
Bener kang, klo mata melek ga istirahat, syarafnya bikin tegang ya.?...tapi klo bekerja banyak istirahat, yang dirumah pada tegang tuh....

Tips-nya sangat berguna bagi saya, soalnya mata saya kan minus-nya tinggi banget dan pekerjaan saya (kalo sedang buanyak2nya) menuntut saya untuk sering di depan komputer. Dan memang saya selalu mengetik dengan view yg diperbesar sampai 150% supaya lebih nyaman buat mata saya.

Makasiy mas.

erik..kalo kacamatanya udah jadi..di foto dong trus di pajang di blognya..kan jadi keren.hehehe

kacamata baru..? wah kayaknya foto profilenya kudu diganti itu bang erik, dengan yang pake kacamata :) masa itu terus, kan sekarang udah ada yang beda...

selamat memakai kacamata....

waduww.. aku ga pernah pake filter monitor

Mata adalah titipan ALLAH yang akan dimintai pertanggung jawaban di mahkamah ALLAH, jadi jagalah mata dari pemandangan yang diharamkan atas kita, gitu kali ya mas?

semoga mata mas Erik lekas baikan ya mas
selain saran dari sahabat2 blogger, saran dari dokter atau petugas toko kacamata juga ndak boleh dilalaikan :) semangat mas

Banyakkan rehat ..itu yang penting. Salam

kacamata baru nich wedew klo pesananku cih cuma 2hari dah jadi kang

kayanya semua saran udah bagus tuh kang, mudah2an msh bs jaga neh...repot jg kliatannya klo pk kaca neh...

gmn kang?udah baekan?

mana foto yng pake kacamatanya mas?

Pasti kang erik makin ganteng pake kacamata baru doong,.. btw, klo pake timu kaya waktu saya lagi abis mainan las,.. pegel dimata jadi ilang..!!

wew, lumayan lama yah 2 minggu..

di depok fuda terakhir bikin kacamata oktober lalu. cuma disuruh tunggu 2 jam jalan2 di mall..
langsung jadi..T__T

badewey aniwey makan somey di buswey..
gratz ya kak. dah pakek kcamata baru ^^
ekekekekek

salam knal..

Saya kira nggak pake kacamata, abis fotonya gak ada kacamatanya kang erik.
btw, biar pun saya nggak pake kacamata, sepertinya saya harus memaksakan diri rajin minum jus wortel nih ...
thx tips-tipsnya

Syukurlah kacamatanya sudahh jadi...
Moga tambah lancar aktifitasnya dan terus sharing informasi ya... :)

Alhamdulillah akhirnya siap juga kaca mata Bang Erik..moga tambah sukses ya dengak kaca mata baru

Mantap nich tipsnya...lumayan buat yang selalu didepan komputer seperti saya

tak hensemlah pakai kaca mata...ahaks

Lam Persaudaraan A'. Akhirnya kacamatanya jadi juga ya....Kalo kacamatanya dibuat di Jakarta kenapa dak disusul aja sekalian pulang ke rumah khan.....

saya juga suka capek pake kcmt, jadi kadang di selang aja, kadang2 pake kcmt ato pake softlens

smoga lebih nyaman dgn kaca mata barunya mas..agar semua kerjaan bisa lancar

Semoga selalu dianugerahi kesehatan....!

Bang, tls lengkap donk spec kcmatanya ; merek (lensa, frame), warna, thn prod. no seri, nama agen,negara prod, layanan purna jual, ass all risk/tlo, pajak, garansi dll.,met ber kcmata ria ya...xixixi,aw....

waduh... padahal saya di depan monitor sekitar 11 jam sehari... berbahaya nggak ya buat kesehatan mata?

rawat mata sebaik-baiknya.. suatu karunia yang tak ada bandingannya..
ttd,
Duniamaya98

Selamat menggunakan Kacamata, dalam masa transisi biasanya agak pusing sobat, salam

dengan sahabat emang seharusnya kita bisa saling berbagi

Biar muncul dihalaman pertama? Tanya kang Nara atau Kang Herro Mas Erik, klo saya yg jelasin tar salah dan ngasal he..he..

Yang muncul di link to this post itu biasanya artikel2 yang berkaitan sama postingan. Yang Mas Erik juga muncul di postingan saya yang tentang Kampanye damai.

mas pinjem kacamatanya donk, keknya mata saya juga bermasalah deh ni cuma saya belom sempat periksa ke dokter:D
btw makasi banget untuk berbagi tips2nya itu:)

sama...hehe.. aQ jg pk kcmt skrg.. gmn y biar langsung ilang aj minus-nya.. hahaha

siaaap! makasih infonya

salam
pongpet

mata merupakan panca indra paling penting...oke mudah2han aja kita masih diberi kesehatan

dulu pas masih kecil pengen pake kacamata... jadi tiduran sambil baca... sekarang ya nyesel juga ngak

Wah.. penampilannya sekarang udah plus kacamata ya Mas? hehehehe...
Btw, serem juga ya. mana aku sering baca sambil telentang euy.. abisan PW bgt.. hiks..

masalah yg udah pasti bakal dialami orang2 yg kerjanya natap monitor terus. klo aku sih, kadang sempetin tidur di kursi kantor kalo mata sepet banget mas hehehe..

kalo bisa suka make tetesan mata dari daun sirih juga ampuh ya pak?

Syukur deh kaca matanya udah jadi.
Met gabung di grup bermata empat. :)
Ma kasih tipsnya ya

Segala sesuatu yg ada pada diri kita adalah titipan. Smoga mata Kang Erik bisa tetep slalu sehat...

bagus tipnya tuh kang, btw nggak ikut kampanye damai 2009?

tipsnya ok banget mas...sekalian laporan link udah dipasang :)

mang pengen liat photo yg pake kacamata dunk..he..he

sejak menemukan bunga kitolod itu, saya sering banget mencuci mata dengan bunga kitolod itu secara saya sering banget di depan kompi. alhamdulilah mata saya gak berat....

akhirnya kacamatamu jadi yah? jadi dapet minus berapa? gw dulu minus 1/2, bisa hilang dengan minum jus wortel selama 3 bulan. wortelnya boleh dijus bercampur dengan buah2an biar lebih enak :)

Wow! Tertarik banget dengan artikel ini, mengingat aku pemakai kacamata minus sejak umurku 9 tahun. Dan 3 putriku nurunin aku pake brille juga. Makasih Erik :)

udah sehat belum nih matanya kang erik?

saya dah minus
tapi males pake softlense
ogah
pake kacamata
gimana dunk??
semuanya nganggur tuh di kamar
he he he
salam kenal
http://firman.web.id

Kaca Mata Baru nich?
saya belum minus..mudah2an enggak..
hehe

salam kenal,
Maulana Malik

semoga anda mampu menjaga kesehatan mata
maaf baru bisa mampir

Info yg bermanfaat, apalagi buat pekerja kantoran spt saya yg mesti berhadapan dg monitor dari jam 8 sampe jam 5 (malah kadang mesti lembur sampe malem) makanya mata sering perih kepala nyut2an :D

mata saya juga sudah tidak normal kayaknya melihat tulisan kurang jelas. pernah ke dokter mata disarankan pakai kacamata tapi belum pakai juga sampai sekarang

Waduh .. aku bisa berjam jam di depan kompi mas. Tapi syukurnya minus mata gak nambah *jangan sampai agh* ...

alhamdulillah akhirnya Kakak membaik kesehatan matanya dan alhamdulillah kaca matanya sudah jadi...semoga terus membaik ya Kak kondisinya

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -