Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-01-24

Katarak

Katarak adalah istilah medis untuk setiap keadaan keruh pada lensa mata. Lensa mata terutama disusun oleh air, protein, dan lipid. Protein tersusun demikian sehingga cahaya dapat menembus lensa dan difokuskan pada retina. Kadang-kadang protein tersebut mengumpul bersama sehingga memperkeruh atau menutupi bagian kecil pada lensa. Itulah yang disebut katarak. Makin lama, kumpulan protein tersebut membesar dan memperkeruh lensa. Tanda-tanda katarak antara lain penglihatan kabur, cahaya lampu kelihatan terlalu terang pada malam hari, cahaya matahari atau lampu silau, dan warna tampak pudar.


Sampai saat ini, para ahli belum dapat memastikan penyebab utama katarak. Namun, mereka yakin bahwa katarak disebabkan oleh banyak faktor secara sendiri-sendiri atau bersamaan. Salah satu penyebab logis adalah perubahan protein dan lipid pada lensa mata berkaitan dengan bertambahnya usia. Hal ini selaras dengan fakta bahwa pada umumnya katarak terjadi pada usia lanjut.

Katarak merupakan salah satu jenis gangguan mata yang bersifat degeneratif. Walaupun umumnya diderita orang mereka yang telah berusia lanjut, namun kini juga banyak menyerang mereka yang masih berusia produktif.

Jumlah penderita katarak di Indonesia semakin meningkat, jumlahnya mencapai sekitar 1,5 % penduduk Indonesia atau sekitar 3 juta orang. Penyebab katarak, selain karena faktor usia, juga disebabkan oleh karena mata sering terkena sinar secara langsung. Mereka yang menderita di usia produktif umumnya karena terlalu sering berlama-lama menatap secara langsung layar monitor komputer, atau sering terkena cahaya matahari secara langsung.

Untuk penanganan secara medis, maka dokter akan melakukan operasi dengan mengangkat lensa matanya, kemudian mengganti dan menanamkan lensa buatan secara permanen. Keberhasilannya dengan cara ini 95 %, yang artinya, katarak dapat disembuhkan asalkan tidak disertai dengan gangguan mata lainnya seperti gangguan syaraf mata atau retina.

Untuk memperkecil resiko terkena katarak saat usia produktif, maka hindarilah mata dari terkena cahaya secara langsung. Gunakanlah topi atau kaca mata saat di berada di lokasi terik matahari. Hindari juga mata dari cahaya langsung dari monitor komputer.

Informasi ini saya peroleh dari salah satu acara stasiun TV swasta Indonesia (lupa nama acaranya...).

Btw, sampai saat postingan ini saya buat, iritasi mata saya sudah mulai berkurang. Namun kaca matanya belum jadi juga, mungkin karena pembuatannya dilakukan di Jakarta. Setiap sore hari saya mengkonsumsi jus wortel plus tomat yang dicampur juga dengan madu 2 sendok makan.

78 comments:

"Katarak merupakan salah satu jenis gangguan mata yang bersifat degeneratif. Walaupun umumnya diderita orang mereka yang telah berusia lanjut, namun kini juga banyak menyerang mereka yang masih berusia produktif."

waduh..., gawat juga, dan salah satu cara menghindarinya sangat tidak kusukai tuh mas, yang menjauhi komputer...

Udah sembuh mas....?

Wah harus rajin2 minum vitamin nieh.Btw lam kenal mas

amppuuunnndehhh jgn sampe terjadi [was wes wos was wes wos]

tapi ngeri juga kalo sekarang menyerang usia2 produktif..hmmmm [merenung]

kayaknya katarak dah bosen ngecengin kakek2 to nenek2... kayak dah meleirik daun muda wkwkwkwkwk

musti aware neh..
mantab mass

tabiek
senoaji

wah..wahhh
tatutttt...gimana nihh kalo harus menjauhi compi...padahal lagi dekat2nya...
mungkin diperbanyak minum vitamin sama juz wortel kali bang??

Gimana nasib mataku kelak ya? pernah make kaca mata.. sekarang ini tiap hari hampir 1x24 jam berada depan layar monitor.. Untuk sementara ini sih aku masih rajin minum jus tomat dan wortel.. tapi kali intensitas depan layar lebih tinggi dari sewajarnya bisa bahaya juga :(

Makasih kak untuk infonya :)

Oh iya... matanya berapa sekarang kak masih 2 atau dah 4? hehehe maksudnya kacamatnya dah ada??
Moga cepat pulih ya.

Wah ..tapi mas erik gak ada gejala kan? Semoga sehat aja ...
Informatif posting ..keep blogging ..!!

NGeri ya, buat ngurangin paling monitor di kasih penyekat sama rajin2 minum jus tomat and wortel kaya sarannya Cece

serem ya, semoga tar kalo tua bunda nggak mau kena katarak...

OMG!!!
serem banget sih...
padahal liburan ini hampir 24 jam onglen di depan monitor... haduh2..

woh...suru aja yang katarak untuk oprasi mata pasti sembuh heheh...

good posting!! dibookmark deh...

bacanya jdi takut bang....

thanks atas inponya

wahh...sampai dibuat di jkt segala kacamatanya???

hm...moga cepet pulih mas....

he, saya juga sudah kembali ke rumah... bosen selang infus....hehe..

Keren bangettt...
Salut bwt kamu
sukses terus ya...


silahkan mampir...

Duh yang terakhir itu.... hindari cahay langsung dr monitor...?? Padahal selama ini langsung2 aja saya....

Mas Erik, sebaiknya tidak berlama-lama di depan komputer dulu nih sebelum kaca matanya jadi, karena tanpa kacamata otot mata Mas Erik harus terus berkontraksi menyesuaiakan bentuk bola mata sehingga pandangan menjadi fokus akibatnya mata menjadi capek dan perih. Semoga kacamatanya cepat jadi dan ditunggu lagi postingannya he2

wah iya neh kang, jadi atut mata kena sinar kompi teyus :D

mudah2an aja ndak, kayanya harus makan makanan bervitamin A neh, dicegah sejak dini :D

ada hubungannya ga yah?..hehehe

thanks infonya...
Aku juga dari kelas 3 SD dah berkaca mata minus... semua keluargaku berkacamata.. turunan kali ya..?? iya.. stuju kang.. jus Wortel ma tomat bagus tuh buat konsumsi bagi yang ada kelainan di mata....

Informasi yang bagus. Biasanya saya tinggalkan komputer kalau mata sudah terasa tidak enak

Terima kasih for sharing ya mas... berguna banget niy

berapa hari lagi barangnya siap mas....

katarak makin canggih aja tuh cara penobatan medisnya....

Your post is very interesting, i have bookmarked your blog for future referrence

Ayo konsumsi jus wortel dan tomat yang cukup... biar katarak ato jenis sakit mata lainnya nggak mau ngelirik ke kita... :)

Khasiat jus wortel+tomat+madu juga bisa meningkatkan stamina tubuh lho... ;)

duh..ngeri juga nih
makasi infonya

informatif banget kak artikelnya. berbobit deh kalo menurut gadis rantau.
*ngintip sesaat sebelum ngilang lagi*

Jadi ni monitor perlu dikasih
anti radiasi nih...

Kacamatanya blum jadi aja masih bisa posting lagi. Memang smangat berkaryanya tinggi banget mas Erik nih. Salut bwt mas.
Smoga iritasi matanya cepet sembuh ya..

semangat aja mas erik...

mampir lagi dirumah kang erik ;)

semoga sehat selalu :)

slamat mang..wlo lum total x dah mendingan..ntar kan klo dah sehat bisa maen2 kerumahku..cepetan pulih deh..tetap semangat mang!

senang melihat blog ini sudah ada post baru. berarti pemiliknya dah mulai sehat.

wah cepet pulih deh mas,...
rasanya saya perlu rajin mengkonsumsi wortel nih, aktifitas ngeblog menambah durasi mata menatap layar komputer

Kadang2 pedih juga ngeliatin monitor terus..., semoga sehat2 saja dah...

kalo mataku di vonis kena penyakit silinder ma dokter. huhukk, sedih deh

matur tengkyu ilmunya bos

wah, harus jaga kesehatan ya kang erik?

Ada PR and Awards nih bang... di terima ya.? cek di sini... Happy Blogging

Jadi pengen makin lebih intens lagi menjaga kesehatan mata nih..

thx ya mas Erik :)

risaunya.
awin pun kadang-kadang kabur..
:(

Penyebab katarak, selain karena faktor usia, juga disebabkan oleh karena mata sering terkena sinar secara langsung. Mereka yang menderita di usia produktif umumnya karena terlalu sering berlama-lama menatap secara langsung layar monitor komputer, atau sering terkena cahaya matahari secara langsung.

Waduh ini tanda kutip untuk pada netter yang suka berjam-jam didepan komputer ya...

Wah, setahu saya kang kalo katarak itu karena umur, tapi kang ini bisa dicegah dan diobati tanpa operasi. Mungkin itu bisa dibilang alternatif dan ada ditasik kang.

Penyakit katarak memang menakutkan, dan tiap tahun yang menderita penyakit ini terus meningkt..., salah satu penyebabnya minum alkohol, kebiasaan membaca yang tidak teratur dan merokok padahal aku suka rokok...oke banget postingannya

lho..bikin kacamata mesti ke jakarta bung erik..kenapa?
udah periksa matanya kan..hasilnya apa? tdk ada yg mengkhawatirkan kan?
sekali2..matanya dikompres sob..pake irisan timun (kalo bisa yg dingin), trus taro dimata..dan kita tiduran santai..biar otot matanya bisa relaksasi..

thanks untuk infomasinya ya..untuk kita2 yang seringkali berlama2 di depan monitor kompie.mesti menjaga kesehatan mata..
termasuk mata pencaharian..hehe

passing by. have a good night. :)

makasih banget infonya erik.. berguna banget nih..

dulu mataku udah sampe minus 2.. sekarang yang kiri udh normal, tp yg kanan masih minus 1/2, mungkin krn ada silindrisnya.. aku yakin itu karena tiap hari minum juice wortel, tp kalo aku dicampur jeruk.. gak doyan tomat..

emang ngeri yah....tapi keknya bisa tuh disembuhin ama bunga kitolod yang ada di postinganku dulu itu....asalkan dirawat dengan teratur..

waduh belom jadi juga kacamatanya ya :( moga² cepet jadi aja deh kacamatanya bye.

mending makan oreo ah, nggak kena katrak kan...
kalo silindris gimana mas Erik, tentu saat ini sedang suka sama masalah yang berhubungan dengan kacamata... kekekkeke....

wahhh...bahaya nihh, aku kan tiap hari mantengin komputer 9 jam, plus kl di rumah kadang masih mantengin notebook :( hikss... harus dikurangi kayaknya yha...
thanks infonya pak

hiks brarti kalo depan kompi molo'kerjanya neh gemana dunk, mesti dtangkal pake kacamata juga yah..
btw nti kalo kacamatanya dah jadi diposting yah mas, poto after en before getoh hihihi

Assalamu'alaikum kakaku yg baik...semoga kondisi kesehatan mata kakak segera membaik ya dan kaca matanya segera jadi....kmrn libur 3 hari zie jalan2 kak sm tmn2 se alumni SMA jd seneng ketemu tmn2 yg dah 11 thn ga ketemu ... mrk rela jauh2 maen ke semarang

wah makasih ya Kak .. jd diingetin utk jaga kesehatan terutama mata...krn zie jg seharian di depan kompi

Katarak,kalau dulu ada operasi katarak gratis,tapi entah kalau sekarang..?

Menjauhi komputer....?waduh...itu yang susah....

di tempat saya, sekali operasi katarak harganya rp 4 jt

thx infonya.. semoga selalu menjaga kesehatan mata

kalo suruh menjauhi komputer mah susah tp sebentar2 mesti istirahat

terima kasih infonya. Salam kenal. :)

bapak dan bapak mertuaku ya pernah operasi katarak mas, maklum sudah sepuh...mata sudah lama mengabdi

gw pernah diberitahu kalo naik kendaraan di siang hari sebaiknya pakai kacamata hitam akan bisa membantu mencegah katarak :)

Wah...
Bahaya nih buat pecandu blog seperti saya, Mas Erik.. :)
Signifikan nggak sih pengaruhnya kalau cahayanya saya redupin? Paling ndak suka kalau layar monitornya terlalu kinclong... :D

Haaa..kebiasaannya itu lho...minum jus wortel...jadi kelinci dah!

Tapi katarak juga soal ke tua an sih...biar dihindari gianaaaa juga...nongol juga dia! Tapi usaha...blog dooong...!

Tu kaca mata jauh amat belinya pak erik...! Ntar ongkos kirim nya lagi situ yg nanggung...Uuuuukh....

wahh, moga aja briga nggak kena katarak kang erik,...!!!

kayak mata aq......

gimana kang erik, kepalanya udah sembuh? trus gimana penglihatannya, katanya dulu ada gangguan di mata kang erik!!! sekarang sehat kan????

cepat sembuh yah mas...

duh, almarhumah mertua saya juga punya katarak... pernah dioperasi. ternyata katarak itu menurun ya... soalnya kakak ipar saya juga kena tuh :(

Wah disini ternyata kalau mau cari info kesehatan. Salam kenal bos.

Makasih mas infonya,
Tipsnya bisa juga di coba, (Jus Wortel dan Tomatnya)

katarak menyerang usia produktif dari umur berapa aja?, waduh jadi takut, tapi informasinya sangat membantu aku jadi hati-hati..

katarak juga bisa disebabkan diabetes. jadi jangan dikira yg kena katarak yg sudah tua saja. jika sejak muda sudah mengidap diabetes juga harap berhati-hati sebab berisiko terserang katarak.
operasi katarak dengan laser kini sudah mudah dilakukan dan cukup aman.

katarak juga bisa menyerang segala usia. terutama jika sejak muda sudah mengidap penyakit diabetes.
tapi dengan kecanggihan laser, operasi katarak kini sudah semakin mudah dilakukan dan cukup aman dilakukan. masalahnya tidak semua yang mengidap diabetes tahu kalau dirinya berisiko terserang katarak,

bBpakku sudah kena dua duanya. Ya akhirnya dilakukan operasi angkat lensa lama, pasang lensa baru. Yang terakhir dilakukan .. *oprasinya gak sekaligus .. gantian, mata kanan dulu baru mata kiri* gak perlu pake nginep segala di rumah sakit, Pagi masuk, siang dah bisa pulang, cuman musti bedrest total, gak leh kena air, debu, hujan.

Seminggu sekali musti kontrol ke rumah sakit. Pegang no HP dokternya.. karena gejala mata memerah masih sering ditemukan. Belum lagi bera air, Diberikan tetes mata buatan juga tetes mata untuk penyejuk.

Untung Bapakku tipe yang sangat disiplin, sekarang sudah bisa jalan jalan kemana mana, walau kalau malam suka rancu melihat tulisan, angka .. jadi jalan jalannya siang hari. Itupun aku harus menemani, biar lebih tenang sebagai anak ...

*loh kok jadi curhat??*

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -