Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-01-31

Rambut Rontok?

Rambut adalah mahkota, apalagi bagi kaum wanita. Untuk menjaga kesehatan rambutnya, maka seseorang rela membelanjakan uangnya hingga ratusan ribu rupiah untuk perawatan rambutnya. Namun kadang masalah tersebut tetap saja datang, suatu saat mungkin rambut kita mengalami masalah, sehingga saat meyisir rambut ternyata beberapa helai rambut rontok atau patah. Problem rambut ini bisa dialami baik oleh kaum wanita maupun pria.


Secara garis besar, kerontokan rambut disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor keturunan dan faktor non turunan. Kerontokan oleh karena faktor keturunan memang tidak banyak yang bisa dilakukan selain mencegah agar kerontokan tidak berlangsung dengan cepat. Sedangkan faktor yang non turunan, ada yang disebabkan oleh karena kekurangan gizi, stress, penyakit kronis, karena pengaruh obat obatan tertentu, setelah melahirkan dan ada pula karena kesalahan perawatan rambut karena memakai berbagai produk chemical secara berlebihan dan prosesnya salah.

Selain itu, beberapa faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut, seperti pengaruh polusi, sinar ultra violet, radikal bebas, dan lampu tata cahaya di studio televisi.

Ahli kecantikan Kusumadewi Sutanto menyebutkan kesalahan wanita yang kerap rambutnya di-blow atau cat sebagai penyebab kerontokan. Di samping itu, ada kebiasaan salah lainnya, yakni memakai hairdryer terlalu dekat ke rambut. Ataupun memakai gulungan rambut sampai saat tertidur.

Ada tanda-tanda khusus saat rambut mulai rontok secara berlebihan. Proses tersebut dimulai dari rambut yang mudah terpatah saat kita menyisir. Problem buruk ini juga bisa terlihat di saat Anda bangun tidur, karena rambut rontok lebih banyak terlihat di permukaan bantal. Selain itu bisa dilihat begitu banyak rambut terlepas, ketika kita usai mencuci rambut.



KERONTOKAN RAMBUT PADA PRIA

Pada pola kebotakan pria, yang cenderung diwariskan, rambut biasanya hilang pada area pelipis dan mahkota kepala. Gangguan hormonal menjadi penyebab kebotakan pada pria. Ini jauh berbeda dengan kaum wanita yang paling banter rambutnya rusak.

Penyebab utama kerontokan rambut adalah ketidakseimbangan hormon. Hal ini terjadi karena peningkatan hormon androgen khususnya Dyhydrotestoterone (DHT) atau hormon pria. Meskipun Dyhydrotestoterone (DHT) adalah hormon pria, namun kerontokan ini dapat juga dialami oleh wanita, karena hormon ini juga terdapat tubuh wanita dalam jumlah yang sedikit.

Saat DHT menguasai reseptor kantung rambut, DHT akan menghambat kegiatan sel rambut, sehingga merusak kantung rambut dan mengakibatkan kerontokan rambut.


TIPS MENGURANGI/MENCEGAH RAMBUT RONTOK

Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengurangi terjadinya kerontokan rambut :

  • Makanlah makanan yang bergizi terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.
  • Hindari stress karena stress akan menganggu metabolisme tubuh yang efeknya ke rambut juga.
  • Jauhi obat obatan yang dapat menganggu pertumbuhan rambut.
  • Rajinlah berolah raga. Berolah raga secara teratur akan memperlancar peredaran darah termasuk peredaran darah pada kulit kepala yang akan menutrisi rambut.
  • Selain rajin berolah raga, beristirahatlah yang cukup sehingga pertumbuhan rambut lebih optimal.
  • Berhentilah merokok, kurangi konsumsi kafein. Kedua zat ini tidak baik untuk rambut kita.
  • Hindari penggunaan air yang terlalu panas saat keramas dan hindari pula menggunakan pengering rambut yang terlalu sering. Keringkanlah rambut hanya dengan handuk dan meng-anginkan di udara terbuka.
  • Lindungilah kulit kepala dari sinar matahari langsung.
  • Pilihlah menggunakan shampoo herbal yang bagus, jangan menggunakan shampoo yang terbuat dari bahan kimia yang tidak jelas.
  • Sisirlah rambut dengan lembut saat rambut masih dalam keadaan agak basah. Gunakan sisir bergerigi jarang.
  • Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.
  • Saat anda mencukur rambut, sarankanlah tukang cukur menggunakan gunting yang cukup tajam.
  • Hindari kebiasaan menarik-narik rambut dengan alasan tidak jelas

Berikut Tips Khusus Buat Wanita

  • Jika menggunakan kerudung atau akan memakai topi, sebaiknya rambutnya disisir terlebih dahulu. Cara ini akan membuat rambut lebih terjaga dengan rapih sekaligus dapat melancarkan peredaran darah di kepala.
  • Sering-seringlah menggerai atau mengurai rambut. Apalagi saat tidur. Hilangkan kebiasaan mengikat atau menjepit rambut dengan kencang. Hal itu dapat membuat rambut mudah patah dan rontok. Selain itu kebiasan mengikat rambut bisa membuat pertumbuhan rambut tidak bagus.

  • Untuk menjaga kelembaban rambut, sebaiknya gunakan pelindung kepala seperti scarf, topi atau payung ketika berada di bawah sinar matahari
  • Agar rambut lebih sehat dan juga terlihat modis, seringlah mengubah garis belahan dan gaya rambut. Mengubah belahan menghindari kulit kepala yang sama terkena matahari dalam waktu panjang. Hal ini dapat mencegah kerontokan secara perlahan.

48 comments:

:) pertamaxxx
memang betul tuh bang soal rambut bisa bikin orang ga pede yah
untung bunda pake kerudung jadi gak kelihatan apakah botak atau ga ...:O :O :O

Asik Nambah Tips Lagi nih dari Mas Erik Makasih ya :)

wah ... memang udah lama nih saya dipusingkan dengan rambut, namun mau nggak mau ya harus diterima, lah memang sudah keturunan...

wah betul kang itu mahkota yah, tapi untungnya aku gag pernah merasakan itu kang, soale aku botak sih kang :D

Wah kadang narik2 rambut itu enk lho kalo pas lagi pusing...salah ya..pusingnya ilang, rambut juga ntar ikut ilang hehehe...wah harus di hentikan nie tarik2 rambut..

wah informasi yang menarik nih :D .Eh abang wong palembang yo?

Tahu aja nih mas kalau rambutku rontok, terutama sejak di Batam. Kata orang sih faktor airnya juga, apalagi setelah bbrp th terakhir ini berkerudung...tambah banyak rontoknya. Thanks ya utk tips2nya...

masih belum bisa lepas dari kafein nih kang erik,
jadi apa daya deh ...

udah rontok,...hiks. susah juga,

Ngasih tipnya terlambat bung Erick ..he..he..he soalnya nih rambut dah pada rontok duluan ..any way artikelnya Good-lah ..manfaat

salam

Wah, makasih mas Erik, saya baru tahu bhw mengubah belahan rambut itu membuat kulit kepala lebih sehat. Rambut saya panjang banget, jadi biasanya saya kepang saja, atau digelung, berarti kalau di rumah harus dibiarkan terurai saja supaya rambut bisa bernafas lega ya?

wah makasi ya mas erik, kebetulan rambut casual cutie jg lg rontok nih. nice info..

mantaBb ni tipsnya mas, kalau buat rambut gatal ada ndak mas. soale rambut sayah gatel'an. uda pakai sampo gatel, masih tetep ikS.

wah, bermanfaat sekali tipsnya kang :)

meskipun saya belum mengalami, tapi setidaknya bisa buat persiapan klo udah tua dengan baca artikel ini :D

Biar berkerudung, tetap harus menjaga keindahan dan kesehatan rambut. Saya senang minum vit E herbal dan mengulasnya ke rambut setelah keramas, yang dipercaya menjaga kelestarian akar rambut, dan mencegah kerontokan rambut.

Makasih banyak yach Bang Erik atas infonya... :)

sip nih tutorialnya

wah bagi-bagi tips ya bang erik nih, dari kemaren bolak balik kesini tampilan updatenya ngga bisa saya buka, padahal di rss saya udah kelihatan ada postingan baru..

tipsnya mantep nih kang! boleh di coba

saia pernah mengalami masalah dengan rambut rontok, and its sucks! ampe gila rasanya hahaha gara2 dirawat di RS.. :D

terimakasih kang erik, mbak lea itu temennya pamanku kang sewaktu di pontianak. hiks*** :)

kalo pakai lidah buaya gimana sob? harusnya kan bagus buat kesuburan rambut.. :D

tambahan: bagi yang sudah terlanjur botak, saya sarankan agar para tetangga jangan sampai ada yang pakai waterproff. tujuannya, biar air tidak mental dan mencopot wig yang kita pasang. (kayak iklan di TV)

gpp bagi yang dah terlanjur rontok..
dapet pangilan baru deh,,'Botakkkkkkkkk'


hehehe.....

udah nyerah deh, rambutlu rontok banget.. mau potong model cowok aja..

thx tips nya ya Bang Erik....rambut saya juga mulai rontok dan ubanan, itu pasti karena saya sudah tuwiirrr.......Kodrati...

hiks merontok sangat inih, tingkyu ternyata rajin tidaknya sisiran juga berpengaruh to hehehe saya rajin sisiran, sukanya males:p

rambut sy ga rontok seh. cuman bagian ujungnya bergerak sekendak sendiri. ada yg lurus. ada yang kluer2 membentuk setengah lingkaran...jadi suseh diatur. ada penangkalnya ga Kang?

kyknya saya pernah baca nih tips2 tentang rambut rontok... tapi lupa dimana...

minum kacang ijo tuh... biar gak rontok juga... terutama air rebusan kacang ijo yang belum pecah kacang ijonya

wah, casual cutie denger2 sih shampoo2 skrg pake detergen yg bisa menyebabkan rambut patah bahkan rontoh. jd hati2 pilih shampoo

buat yang kriting bs ga!!

wew...another tips here

mksh tips nya..rambutku lagi rontok hehehe

Ma kasih tipsnya mas. Aku pake kerudung, jadi males nyisir coz gak kliatan jg kan. Ternyata harus tetep nyisir yah. :)

rontok deh bulu rambutku.... nah loh???? wkwkwkwkwkwkkw nice ips mas... ngikuuutttt

senoaji

kalo saya problemnya sama kaya erros he..he.. g rontok tapi guatel padahal g ketombean lho apalagi kutuan. Udah gonta-ganti shampo tetep aja g ada perubahan.

Kok lama ya bikin kacamatanya? Biasanya paling lama seminggu dah jadi. Iya saya juga 10 hari g OL abis mudik.

Masalahnya kalo dah terlanjur botak.. gimana tuh bang numbuhinnya? he..he..he..

tips yg berguna. jadi mikir mau ganti posisi belahan rambut nih.

gw termasuk salah satu yg pusing dengan masalah rambut rontok :( padahal ngga pernah macam2 dengan rambutku, ngga cat rambut, ngga pake hairspray, foam atau zat kimia lainnya. shampo pun pake yg mudah didapat di pasaran. mungkin penyebabnya dari dalam tubuh kali... thanks buat tipsnya :)

Hindari kebiasaan menarik-narik rambut dengan alasan tidak jelas...maksudnya dilarang jambak-jambakan mang?

:d aduh aku gara di smoothing emang cepat rontok. Nich mau pakai lidah buaya, cuman gak tahu caranya. Lagi nyari artikelnya ...

Kalo gak di smoothing, rambutku bisa kayak sarang tawon .. mekar. hiks hiks

saya malah dulunya suka sebel kalau kesalon karena saya selalu dicharge 2x dari harga biasa karena rambut saya tebal dan panjang...

untungnya semenjak saya sakit rambut saya agak berkurang karena rontok (mungkin pengaruh obat2an)... jadi sekarang sudah jauh lebih berkurang rambutnya... Kemarin sempat kesalon obat creambathnya sudah tidak dicharge 2x lagi, hehehe... tapi untuk ukuran normal masih cukup banyak kok, and I thank God for this :)

Kami Hadir Untuk Menjalin Tali Silatuh Rahmi,Guna Untuk Membantu Para Masyarakat Di Muka Bumi Ini ,Dengan Segala Permasalahan Yang Ada,Karena Di Dalam Masyarakat Yang Kita Tahu Saat Sekarang Ini,Masih Banyak Masyarakat Yang Hidup Dibawah Garis Kemiskinan,Untuk Itu,Izinkan Saya Mbah Karwo Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Karwo Mbah memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei, maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Karwo Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 300.000 Paket 3D Sebesar Rp. 500.000 Paket 4D Sebesar Rp. 700.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0852-3162-7267 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0852-3162-7267

I all the time used to study article in news papers but now
as I am a user of web therefore from now I am using net for content, thanks
to web.

Hey there! This is kind of off topic but I need some advice
from an established blog. Is it difficult to set up your own blog?
I'm not very techincal but I can figure things out pretty quick.
I'm thinking about making my own but I'm not
sure where to start. Do you have any ideas or suggestions?
Thanks

It's going to be finish of mine day, except before ending I am reading this wonderful paragraph
to increase my experience.

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -