Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-03-03

Tulang Keropos - Osteoporosis

tulang keropos osteo porosis kajapa.blogspot.com tukang nggame tulang keropos osteo porosis kajapa.blogspot.com tukang nggame tulang keropos osteo porosis kajapa.blogspot.com tukang nggame tulang keropos osteo porosis kajapa.blogspot.com tukang nggame tulang keropos osteo porosis kajapa.blogspot.com tukang nggameInfo dari tukang nggame

Apakah tulang kita masih bagus kondisinya? Atau malah sudah mulai keropos? Tiga tahun yang lalu, di kantor saya pernah diberikan layanan gratis pemeriksaan densitas massa tulang dari perusahaan susu Anlene. Alatnya dipasang di telapak kaki kita. Sebelumnya telapak kaki di olesi semacam jelly, kemudian dipasang penjepit yang terhubung kepada alat pengukur densitas massa tulang. Setelah beberapa saat, hasil pengukuran akan keluar. Angka hasil pengukuran kemudian dimasukkan ke grafiknya. Maka akan ketahuan apakah tulang kita masih normal, mulai keropos (osteopenia) atau termasuk dalam kategori tulang keropos atau osteoporosis.


Jika hasil pemeriksaan masih dalam daerah hijau, berarti massa tulang kita bagus/padat. Jika sudah masuk wilayah kuning, berarti digolongkan sebagai penderita osteopenia, sebuah tahapan sebelum masuk kategori osteoporosis. Jika masuk dalam wilayah yang garis merah berarti termasuk kategori tulang keropos (osteoporosis).

Hasilnya pemeriksaan untuk saya saat itu, masuk dalam wilayah kuning, yang berarti saya berpotensi mengalami keropos tulang disaat usia senja. Ngeri juga mendengarnya, sebab menurut petugasnya, masa menabung kalsium umumnya sampai usia 20 - 30 tahun. Tapi katanya masih ada harapan, paling tidak untuk mempertahankan atau memperlambat proses ke kategori tulang keropos (osteoporosis).

Tulang merupakan jaringan hidup dan tumbuh dan secara terus menerus bongkar membongkar, membentuk kembali dan memperbaikinya jaringannya. Seluruh tulang pada tubuh diperbaiki secara menyeluruh setiap 10 tahun. Kepadatan massa tulang menurun seiring dengan bertambahnya usia. Semakin bertambah usia, tingkat pengrusakan tulang berjalan lebih cepat daripada pembangunan kembali jaringan tulang. Itulah sebabnya tulang menjadi mulai keropos. Proses pengeroposan tulang akan meningkat tajam pada usia 50 tahunan bagi kaum perempuan, dan usia 60 tahunan bagi kaum pria.

Pengeroposan tulang (osteoporosis) di dominasi oleh kaum perempuan, karena salah satu pelindung tulang adalah hormon estrogen, dimana hormon ini akan berhenti diproduksi disaat perempuan mengalami menopause. Sedangkan pada kaum pria, tidak mengalami menopause sehingga proses pengeroposan tulang terjadi lebih lambat dari pada kaum perempuan pada umumnya.

Berdasarkan hasil penelitian, resiko kematian penderita osteoporosis sama besarnya dengan penderita kanker payudara, bahkan lebih tinggi dari kanker rahim.Penyakit ini termasuk penyakit yang paling menyusahkan pihak asuransi, karena pengobatannya yang lama, bahkan bisa sampai 5 tahun.

Osteoporosis sering disebut "silent diseases" karena gejala penyakit tersebut tidak tampak dan tidak terasa bagi yang baru pada tahap awal. Kita sering mengabaikan kesehatan tulang kita, hingga tak terasa prosesnya sudah mencapai 30 persen atau terjadi patah tulang. Penyebab osteoporosis bermacam macam, ada yang bisa dihindari dan ada yang tidak bisa dihindari.


Faktor penyebab Osteoporosis yang bisa dihindari adalah:
  • Kurangnya asupan Kalsium. Normalnya asupan Kalsium adalah 1200 miligram perhari. Jika kurang, maka tubuh secara otomatis menyerapnya dari tulang.
  • Kurangnya terkena sinar matahari pagi dan asupan viamin D.
  • Konsumsi minuman kafein, soda dan makanan bergaram yang berlebihan.
  • Perokok berat dan peminum yg beralkohol.
  • Kurang berolah raga.
  • Konsumsi obat yang mengandung kortikosteroid yang menghambat penyerapan Kalsium (obat untuk epilepsi, asma, alergi dan batu ginjal)

Faktor penyebab Osteoporosis yang tidak dapat dihindari adalah:
  • Jenis kelamin. Perempuan lebih beresiko dari pada pria.
  • Hormon. Pada perempuan akan mengalami menopause, sehingga pengeroposan tulang akan berjalan lebih cepat.
  • Usia. Setelah usia 35 tahun, maka kepadatan tulang akan menurun secara alami. Usia lansia paling beresiko terkena osteoporosis.
  • Postur tubuh. Mereka yang bertubuh kurus atau mungil (berat badan kurang dari 49 kg)
  • Keturunan. Jika ada garis keturunan penderita osteoporosis (bertubuh bungkuk), maka lebih beresiko terkena osteoporosis.
  • Pernah patah tulang sebelumnya.

Untuk pencegahan Osteoporosis, hal-hal yang bisa kita lakukan adalah:

  • Menjaga asupan Kalsium hinga 1200 miligram perhari, dengan mengkunsumsi makanan yang tinggi kadar Kalsiumnya, seperti susu dan ikan teri segar.
  • Kurangi konsumsi minuman bersoda, ber-kafein dan ber-alkohol. Kurangi/hentikan merokok.
  • Cukup konsumsi vitamin D, berjemur di sinar matahari pagi.
  • Olah raga berjalan kaki selama 30 menit, 5 kali dalam seminggu. Usahakan 2 hari istirahat tersebuat tidak dalam 2 hari berturut-turut.
  • Hindari resiko terjatuh di berbagai tempat.
  • Periksakan kondisi tulang secara dini.

Untuk mengetahui adanya osteoporosis saat ini digunakan alat khusus yang disebut Bone Densitometry Lunar Prodigy, sebuah alat pengukur densitas massa tulang dengan ketepatan 98 - 99 persen.

Ayo kita pertahankan kesehatan tulang kita...

43 comments:

memang disaat muda kita harus menjaga ketahaan tulang kita, agar disaat tua tulang kita tidak terlalu cepat keropos .. terima kasih informasi bermanfaatnya ..

good info bung Erik ... bermanfaat sekali .
Thanks 4 infonya .aku mau share deh sama teman2 dan Saudara

dulu saya merasa baik-baik saja, setelah kecelakaan di tahun 2004 yang mematahkan tulang pundak saya, saya sangat memperhatikan kesehatan, termasuk tulang... :D

nice info kak...dah zie link kan di postingan terbaru sbg link ilmu kesehatan. Semoga kakak sekeluarga sehat ya...dek Rara dah membaik kan kesehatannya?

setelah pulang dari rumah sakit,..postingan ini ya oleh-olehnya....?

Nice info bro, ... mesti banyak2 konsumsi kalsium nihh... biar sehat selalu....

duh rajin beli susu berkalsium tapi suka lupa minum neh mas hehehe
makasi yah mas utk info kesehatannya

Jaga tulang nya bang erik, tar gak kuat lagi BW klo tulangnya keropos:)

tidak boleh minum teh sejam setelah makan, karena menarik kalsium dari makanan...

wah dapat ilmu lagi nih mas..trus kalau mau upgrade jadi otot kawat balung wesi gimana caranya kang? bisa bantu?..hehehe

makanya aku rajin minum susu Anlene nih pak
biar gak cepet keropos.

ayo yo... siap laksanakan

Info bagus nich Bang Erik... dan betul sekali untuk pengobatan penyakit ini butuh waktu lama dan ketelatenan.
Makasih atas infonya...:)

Info yang sangat bermanfaat sekali mas, harus lebih rajin lagi nih minum susu + olahraganya...

kalo aku suka minum susunya aza kak. meski susunya tuh kagak ada rasanya,hiks

hiks...aq suka ngupi, pengkonsumsi obat alergi n males minum cucu...

emang gawat sama sisilent disease atau silent thief yang datang tak diundang pergi bawa kepadatan tulang kita...

harus ngurangi cafein neh!

sip bang!

Manula memang harus rajin rajin posting hal hal ginian biar selalu teringat pentingnya menjaga kondisi badan...terutama untuk osteoporosis, asma ama bengek...tul ngga Pakde?...kwakakakakaka....

waaa, bacaan neneku nih, control D dulu ah,
lanjut menyimak lagiii

Yup !

keropos tulang emang ngeri ya??? takut juga sih.. tapi saya ngga suka Anlene mas...:D

padahal waktu nenek2 nanti ngga mau jg saya jadi bongkok :c

bisa dipastikan saya berisiko besar terkena sakit tulang ini...
hehe...nggak pernah minum susu, doyan kaffein (kopi tanpa gula), ga pernah olahraga, penderita asma karena alergi, dan apalagi coba...

hmmm...
untung diingeti mas erik...
he...
memang sahabat seperti cemin yang selalu mengingatkan...thx utk posting ini...

thanks sharingnya bang erik, beberapa waktu lalu juga saya pernah cek osteoporosis, tapi melalui scan jari bukan yang telapak kaki..ya alhamdulillah masih bagus.

tapi sebetulnya ada pencegahan dini dengan minimal mengkonsumpi susu dua gelas sehari sudah cukup memberikan asupan kalsium untuk orang dewasa, atau jika kurang suka, bisa diganti dengan tahu atau lobak..atau makanan yang kaya kalsium lainnya.

makanya klo dq di depan kompie slalau duduk tegak lurus....duduk siaaap gerakk!

Buat orang yang nggak minum susu dan makan daging kayak aku gimana yah mengatasi tulang keropos?

wuih..ngeri...salam kenal yah

katanya banyak jalan kaki adalah cara yg efektif, mudah dan murah untuk mencegah tulang keropos :D tapi kadang malasnya itu lohh...

diriku nih yg tulang rapuh

Gak mau ah kena osteoporosis. Makasih ya infonya... Siap untuk dilaksanakan niy....

Duh sungguh info yang sangat penting ..makasih mas erik udah mem posting info yang bermanfaat ini ...

saya pernah patah tulang trus di bawa ke cimande... wewwww... sangat tidak mengenakkan... (mang ada yg tanya???) lol...

Kyaaaaaa......Momok mengerikan!! Kok peluang kena osteoporosisnya lumayan gede ya? Hikz...:(

Info yang sangat bermanfaat:) Ayo mulai pola hidup sehat sejak dini!

Salam kenal, thanks udah mampir ketika aku cuti ngeblog...

kayanya kang erik baru abis check up nie ;)

duh saya gimana yah :D

aq juga rencana mau buat postingan ini...
bisa aq jadikan sebagai referensi dong tapi...aq mesti ijin dolo nih...
bolehkan...

Btw, susu anline itu bisa mncegah tulang keropos kang?

makasih nih kaka atas informasi dan ilmunya, aku jadi lebih mengenal akan diriku sebenarnya....soalnya tulang jari aku sering kaku....nih kaka, apa mungkin bisa karena keropos yah kang.....

berenang juga disebut-sebut sebagai satu cara memperkuat tulang.. malah biasanya yang udah kadung osteoporosis, dianjurkan dokter untuk berenang, benar begitu bang??

Klo yoghurt bisa gantiin susu ga ya mas? Btw, mas erik ini cocok jadi dokter loh.. :)

nah utk mengatasi tulang keropos kan harus minum susu...kebetulan daku suka susu sapi murni dicampur kopi hehehe eh ngaruh ga yap?

aku udah mulai rajin minum susu anlene yg kemasan kotak One A Day... cukup membantu mencegah ostroporosisi ngga yah?

wah baru tahu saya pak tentang penyakit ini ;)

iya nich, aku mulai di diagnosa ada pengapuran, duch langsung rajin2 minum susu anlene dech. musti berjemur di pagi hari ya? itu yang susahnya ...

nice article

purwati
http://purwatiwidiastuti.wordpress.com
http://purwati-ningyogya.blogspot.com
http://purwatining.multiply.com

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -