Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2008-11-09

Profesi Ibu Rumah Tangga

Diawal pernikahan, saya dan suami membuat kesepakatan dengan ikhlas bahwa saya tinggal dirumah mengurus rumah tangga dengan fokus pada pendidikan anak. Sementara, suami menjadi kepala rumah tangga dengan fokus pekerjaan di luar rumah. Ketika itu, saya menganggap pekerjaan rumah tangga hanyalah pekerjaan sederhana, karena bukankah menjadi ibu rumah tangga adalah fitrah wanita? Tetapi, setelah menjalani kehidupan rumah tangga, saya baru sadar, ternyata pekerjaan rumah tangga itu sangat rumit.

Seorang ibu rumah tangga tidak memiliki jam kerja tertentu, artinya, tugasnya dimulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Bahkan, menjadi ibu rumah tangga, berarti banyak belajar, seperti belajar manajemen, baik manajemen rumah tangga, manajemen keuangan sampai manajemen qalbu. Lalu belajar pembukuan, dimana aku selalu njelimet mengatur keuangan, karena penghasilan suami memang pas-pasan. Dan kemudian belajar psikologi, baik psikologi anak maupun psikologi umum.

Bahkan, untuk bisa mensyukuri nafkah dari suami, aku harus punya bermacam-macam ketrampilan, seperti memasak yang sebelumnya jarang aku lakukan. Ketrampilan menjahit pun harus aku kuasai. Sebab, untuk pakaian anak yang jumlahnya bertambah setiap dua tahun, terlalu mahal bagiku apabila harus membeli pakaian jadi.

Alhamdulillah, dengan bekal kemauan dan sedkit nekad, semua ketrampilan itu dapat aku kuasai. Termasuk ketrampilan pangkas rambut! Mulai rambut abinya, sampai anak keenam kutangani sendiri. Bayangkan jika upah pangkas rambut 1 orang Rp 4.000 maka aku bisa berhemat 28 ribu rupiah tiap bulan. Begitupun pakaian anak, aku bisa hemat 50 % dari harga pakaian jadi di pasaran, dikalikan kebutuhan 8 orang.

Bukankah penghematan cukup besar? Belum lagi, makanan jajanan yg
kuolah sendiri. Aku yakin, jika beli makanan jadi harganya pasti berlipat.

Namun, setelah sekian banyak yg kuhemat, nyatanya keuangan kami tetap seret. Rupanya penyebabnya adalah minimnya penghasilan suami. Maka jadilah aku, tiga tahun belakangan ini, seorang motivator sekaligus konsultan bagi suamiku, sehingga alhamdulillah kini suamiku telah mempunyai pekerjaan yg layak dengan status yg baik di masyarakat.

Lalu, seiring dengan kemandirian anak-anak, aku pun memilih salah satu keahlianku untuk kusumbangkan pada masyarakat. Aku ingin lebih bernilai, tidak hanya bagi keluarga tapi juga bagi masyarakat. Alhamdulillah, suamiku mendukung niat itu.

Kadang-kadang, timbul pikiran jahilku, berapa gajiku seharusnya atas semua tugasku ini? Aku ratu rumah tangga sekaligus pembantu. Aku manajer merangkap baby sitter. Aku juga akuntan dan konsultan suamiku dalam usahanya. Pendidik sekaligus tukang ketik, penggagas sekaligus tukang pangkas. Aku juga seorang pengobat sekaligus perawat. Keluarga kami jarang kedokter atau rumah sakit, berbekal kepandaian pijat refleksi dan juice therapy yg kupelajari dari buku. Aku juga aktor bagi anak-anak tatkala menggambarkan berbagai macam watak yangg ada dalam cerita yangg sedang kami baca. Itulah karirku selama 15 tahun menjadi ibu rumah tangga.

Aku lantas teringat kata-kata Mahbub Junaidi-Seorang ekonom Pakistan -
"Jika ibu-ibu rumah tangga meminta diberikan gaji, maka nilainya adalah satu milyar dollar pertahun*

Sebuah nilai yang besar untuk budget
sebuah negara. Syukurlah ibu-ibu rumah tangga memberikan tenaganya dengan cinta, maka tak perlu memusingkan Kepala Negara bukan?

Aku setuju dengan pendapatnya. Aku sanggup bersusah payah menjalani karir ibu rumah tangga, walau selalu diremehkan dan jarang mendapat pengakuan yg layak dari masyarakat, hanya karena aku sangat mencintai suami dan anak-anak yang diamanahkan Allah padaku. Dan yang lebih penting dari semua itu aku ingin mendapat cinta dan ridho dari Yang Maha Pencipta. Allahu Rabbul 'Alamin.

11 comments:

Luar biasa ya ibu rumah tangga itu... Salut..

Pengen jadi ibu rumah tangga yang baik kelak. InsyaAllah amin.

semoga zie dan mba hellen tayang bisa mengikuti jejaknya ya...Ibu Rumah Tangga yang sholehah, cerdas, bijak, motivator pokoknya the best deh

cita-citaku ini bang, jadi ibu rumah tangga :)

Renungan yang menarik...

Ya..menjadi ibu rumah tangga,akan bahagia,jika melihat senyum kebahagian suami dan anak-anak,akan menangis melihat kelelahan dan kesedihan mereka.Cintanya,habis buat mereka,kadang dia malah lupa untuk mencintai dirinya sendiri.

Karena baginya,suami dan anak-anak adalah lagit dan bumi atau bagai siang dan malam atau bagai matahari dan rembulan.Semua berarti baginya.

Salam hangat persahabatan dari Taiwan.

IDMI is providing workshops on Digital Marketing, SEO and Social Media especially at Engineering and Management Colleges of Hyderabad, Telangana, Andhra Pradesh, India.
seo training workshop

Attractive element of content. I just stumbled
upon your weblog and in accession capital to assert that I get in fact enjoyed
account your weblog posts. Any way I will be subscribing on your
feeds and even I achievement you get entry to constantly fast.

Please let me know if you're looking for a author for your
site. You have some really great posts and I believe I would be
a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd love to write
some articles for your blog in exchange for a link back to
mine. Please shoot me an e-mail if interested. Kudos!

Great items from you, man. I've bear in mind your stuff
prior to and you're simply extremely magnificent. I actually like
what you have bought here, certainly like what you are stating and
the way in which by which you say it. You're making it enjoyable and you continue to care for
to stay it smart. I can't wait to learn much more
from you. That is actually a wonderful site.

Hello! I simply wish to offer you a huge thumbs up for your great info you have got
right here on this post. I am coming back to your website for more soon.

What's up, after reading this remarkable article i am also
glad to share my know-how here with colleagues.

Hey there! This post couldn't be written any better!
Reading through this post reminds me of my good old room mate!
He always kept talking about this. I will forward this write-up to him.
Fairly certain he will have a good read. Thank you
for sharing!

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -