Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2008-11-04

Formasi Terbang V Burung Kraniche

Kedua foto ini adalah hasil jepretan mbak Ely. Rombongan burung Kraniche tersebut sedang melintas di sekitar lokasi rumah mbak Ely di Jerman.

Burung Kraniche itu adanya di negara-negara yang memilki empat musim. Mereka akan terbang secara rombongan ke daerah yang lebih hangat, untuk menghindari musim dingin. Yang unik adalah, saat mereka sedang migrasi, rombongan burung tersebut membentuk huruf V. Mengapa?



Dengan terbang membentuk huruf
V, maka efisiensi grup/rombongan burung tersebut, naik sebesar 71% bila dibandingkan dengan terbang sendiri sendiri.

Ketika salah satu burung Kraniche meninggalkan formasi V tersebut, maka dia mengalami tekanan udara yang besar, dan dia akan mengalami kesulitan terbang sendirian. Karena itu, dengan cepat dia segera terbang kembali ke formasi, untuk berbagi efek terbang dalam formasi.



Saat team leader (posisi paling depan) mengalami kelelahan, maka dia berpindah ke ujung formasi V, dan burung lain akan mengambil tempatnya/posisinya. Demikianlah, mereka melakukan perjalanan sampai di tempat yang dituju dengan berkali-kali terjadi pergantian team leader.




Burung Kraniche terbang dalam formasi V sambil mengeluarkan suaranya bersahutan. Hal ini akan memberi semangat terbang bagi team leadernya maupun anggota rombongannya. Dengan cara demikian, mereka akan lebih mudah untuk terbang dengan kecepatan yang sama.



Jka salah satu anggota rombongan burung Kraniche tersebut sakit atau kelelahan, maka dia akan tertinggal dan keluar dari formasi V tersebut. Namun ternyata beberapa anggota rombongan ikut keluar dari formasi, dan segera membentuk formasi V yang baru, untuk menolong dan mengawalnya... hingga dia sehat kembali dan masuk ke formasi V yang lama, atau terus dengan formasi V yang baru tersebut, atau jatuh dan mati.


Sahabat...

Kalau burung saja bisa bekerja sama, saling memotivasi dan kompak dalam suatu team, mengapa kita tidak? .

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -