Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2008-11-05

Tantangan Kehidupan

Dalam sebuah seminar, seorang motivator terkenal memulainya dengan mengeluarkan sehelai uang Rp.100.000,-. Ia mengangkat uang tersebut tinggi-tinggi, sambil mengajukan sebuah pertanyaan kepada lebih dari 2.000 peserta seminar. “Siapa yang menginginkan uang ini?”

Tak ayal sebagian besar peserta mengacungkan tangan.

Motivator tersebut melanjutkan kalimatnya, “Baik! Saya akan memberikan uang ini kepada salah satu diantara Anda. Tetapi sebelum itu saya akan melakukan sesuatu.”

Motivator tersebut menggulung uang kertas itu. Sekali lagi ia bertanya kepada hadirin, “Siapa yang masih menginginkan uang ini?” Tak berbeda dengan sebelumnya, hampir semua peserta seminar tersebut mengacungkan tangan, pertanda mereka masih menginginkan uang itu.

Melihat respon peserta yang tidak berubah, motivator tersebut kemudian menginjak-injak uang tersebut dengan kaki kanan lalu dengan kaki kiri. Setelah uang itu menjadi kotor dan lecek, ia kembali bertanya, “Apakah masih ada yang mengingkan uang ini?”

Masih sama dengan sebelumnya, hampir semua peserta mengacungkan tangan. Kemudian dia berkata, “Saudaraku sekalian, dari peragaan tadi saya hanya ingin menunjukkan bahwa siapun ingin memiliki uang itu. Bagaimanapun kondisi uang tersebut tidak akan menurunkan nilainya dari Rp. 100.000,-”


Pesan Moral:

Kisah tersebut menerangkan sebuah kebenaran bahwa kehidupan ini memang sulit. Setiap hari kita menghadapi tantangan kecil, sedang, berat, hingga sangat berat. Tetapi pada dasarnya tantangan kehidupan tidak mengurangi nilai kita sebagai manusia. Sebaliknya tantangan kehidupan sangat diperlukan untuk meningkatkan nilai diri kita.

“The ultimate measure of a man is not where he stands in moments of comfort and convenience, but where he stands at times of challenge and controversy. - Nilai seorang manusia tidak dapat diukur disaat ia berada di zona nyaman, melainkan bagaimana ia menghadapi tantangan dan kontrovesi,” kata Martin Luther King Jr.

Tetapi sangat banyak diantara kita yang hanya mengeluhkan kehidupan yang penuh dengan tantangan. Mereka lupa harus belajar sesuatu dari tantangan, rasa sakit dan perjuangan hidup. Karena jika segalanya di dunia ini sempurna, maka kita tidak akan dapat belajar hal baru atau mendapatkan semangat lebih besar untuk berbuat lebih baik dan meningkatkan nilai diri kita sebagai manusia.

10 comments:

kita dewasa dan bijak karena tantangan hidup --- sok tahu lg zie kak hehehe

Benar sekali mas, 'nilai' kita sebenarnya tidak berkurang oleh 'kondisi' kita (^_^) Thanks, entry yg sangat bagus.

nice post...tantangan...semangaatttt

Inspirational posting ..!!!

Secara filosofis, setiap orang akan mengalami apa yang disebut tantangan hidup, dan hal ini sangat tergantung pada keyakinan, kepercayaan diri dan kompetensi hidup. Jadi keyword nya adalah trust and competence yang nantinya akan membentuk karakter mental seseorang.

Kalau kita sudah merasa yakin lebih besar dari tantangan hidup yang kita hadapi maka paling tidak kita sudah memiliki kepercayaan diri yang menjadi kunci kompetensi hidup.

Meskipun orang bisa menggunakannya untuk menaklukkan gunung tantangan hidup yang membuat orang itu memiliki keharuman reputasi, tetapi di sisi lain keunikan yang dimiliki oleh karakter mental adalah kedahsyatan karakter mental itu bisa dimatikan.

Thanks for the posting ...!!!

Saya juga pernah ikut training leadership seperti itu. Motivatornya adalah Pak James Gwee, orang Singapura tapi besar di Indonesia. Persis seperti yang diutarakan Mas Erik.

Nilai diri sangat penting. Jika kita memang bernilai maka, walau kita diinjak, kita digulung, kita dicaci, dicerca, dimaki tidak akan mengurangi nilai diri kita.

Pesan moralnya sangat bagus. Tapi kok saya malah bingung sama perumpamaan moral tsb dengan uang. Kok rasanya kurang nyambung ya? hehehe...

oooww, jd dq inget sm pepatah yg disampaikan guru2ku dulu..
wlo terbenam didasar lautan, sebuah mutiara adalah tetap mutiara!

tims atas ucapannya..
mengenai judul Tantangan Kehidupan:
iya kang sangat setuju apa yang telah kang katakan, bahwa tantangan ato cobaan dalam kehidupan tidak untuk mengurangi nilai kita sebagai manusia, melainkan cobaan tersebut adalah untuk meningkatkan harkat, derazat dan martabat umat manusia disisi Tuhan YME sebagai pencipta...

bener banget yach....

jadinya ya ini tantangan kang Erik wkwkwkw..

pas seminar apa ya? hehee..
manteb bener ceritanya mas!. sep. saya senang banged bacanya hehe

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -