Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-04-05

Dampak metode persalinan Caesar

Dampak metode persalinan Caesar. Ada pulsa dan minus jika memilih persalinan secara Caesar. Tentunya plus minus ini mesti dipertimbangkan bagi pasutri, sebelum memutuskan untuk menjalani persalinan Caesar. Kecuali jika tidak ada jalan lain bahwa persalinan tersebut mesti dilakukan dengan jalan persalinan Caesar.


Persalinan Caesar sebenarnya merupakan jalan alternatif jika persalinan secara alami tidak dapat dilakukan. Namun kini ada kecenderungan beberapa dokter spesialis kandungan yang mudah sekali memvonis pasiennya pasiennya agar melahirkan secara Caesar. Apakah karena biaya persalinan Caesar yang lebih mahal, sehingga mudah sekali memvonis pasiennya untuk melahirkan dengan operasi Caesar?

Bagi pasiennya sendiri, ternyata sebagian wanita memang lebih menyukai persalinan secara Caesar, karena dianggapnya proses persalinannya tidak menyakitkan. Memang benar saat persalinan tidak merasa sakit. Namun kenyataannya, rasa sakit justru dirasakan setelah operasi Caesar. Penyembuhan lukanyapun lebih lama daripada persalinan secara alami.


Dari penelitian terakhir, walaupun masih dianggap kontroversial, ternyata 79% anak yang lahir melalui proses pembedahan berpeluang menderita sakit asma atau alergi. Hal ini terkait dengan rendahnya kekebalan tubuh si anak.

Alergi yang disebabkan oleh alergen, yaitu gangguan fungsi lambung akibat minimnya mikrobiota dan autoimun yang ditimbulkan antigen dalam tubuh, perlu untuk mendapatkan perhatian lebih lanjut.

Faktanya, anak yang lahir dari persalinan normal keluar melalui perineum dan vagina dipastikan langsung ditempeli mikrobiota dalam jumlah yang memadai. Sedangkan si anak yang terlahir melalui persalinan Caesar dilahirkan dalam kondisi steril, sehingga sang ibu tidak membekali si buah hati dengan mikrobiota.

Dampak Rendahnya Mikrobiota


Bayi sering terserang diare akibat infeksi pencernaan.

Terkena diare karena asupan antibiotik

Menderita kolik, yaitu ketidakmampuan sistem pencernaan bayi untuk mengurai makanannya.

Peradangan pada saluran perncernaan.
Intoleransi laktosa, yaitu kondisi, dimana terdapat gejala – gejala tertentu setelah seseorang mendapat masukan laktosa (kabohidrat primer susu yang diperoleh dari sang Ibu). Gejalanya antara lain: mules dan diare


Nah buat wanita hamil, jika memungkinkan kondisinya untuk melahirkan secara normal, lakukanlah secara alami. Selain biayanya jauh lebih murah, penyembuhan lukanyapun lebih cepat. Jika memungkinkan, melahirkan secara normal adalah yang terbaik, karena sesuai dengan kodrat yang diberikan Allah SWT.

Persalinan secara Caesar tidak selamanya salah, karena ada kondisi tertentu dimana sang Ibu tidak memungkinkan melahirkan secara normal. Cek kondisi kandungan secara berkala, konsultasikan ke dokter kandungan jika ada keluhan berkaitan dengan kandungan. Jika divonis harus melahirkan secara Caesar, tanyakan alasannya, bila perlu cek kondisi kandungan ke dokter lain untuk mendapatkan perbandingan. Dokter juga manusia, yang suatu saat bisa salah dalam melakukan diagnosa. Jika terjadi hal yang demikian, tidak ada salahnya berkonsultasi juga ke dokter lain untuk memperoleh kepastian dan informasi yang lebih banyak.


Posted by tukang nggame

15 comments:

Hiksss... kalo udah baca ginian jadi ngeri mo hamil lagi....apa lagi melahirkan....atutttttt

disinilah arti penting dari seorang IBU... ibu itu indah, jauh lebih indah dari intan berlian... sayangi dia...

Hmmmm ... Buat ibu-ibu rupanya ...ngacir akh.........
any way, very good article bung terutama buat para ibu.

Infonya singkat dan padat Bang Erik...*two thumbsup*

Alhamdulillah, keempat anakku lahirnya alami, walaupun tiga dari empat itu posisinya sungsang. Dokternya pun tidak 'matre', sabar dan telaten...:)

benar sekali bang ,anakku yang pertama dan kedua lahir normal sedang yang ketiga lahir caesar kebetulan juga yg ketiga sering sesak nafas mungkin juga karena itu ya bang wah trims infonya.

woh.. ada efek negatipnya toh...
makasih infonya mas ...

thanks share nya ya bang erik..
baru sempat mampir nih..weekend makin repot aja

ahe,ahe ,,, untung saya gak hamil :D ...

Saya melahikan cesar. Alasannya, ketuban pecah duluan, tidak ada kontraksi sama sekali selama 24jam, dan diperiksa terakhir ternyata bayinya nyungsang. emmm...padahal 2hr sebelumnya dah cek kandungan posisi bayi sdh oke, eemm...karena terlalu aktif jd muter lg deh...

ALHAMDULILAH sembuh lukanya cuman 1bln aja dan bayi sehat..., belum ada tanda2 seperti di sebutkan atas. jgn sampeh deh...Rasa sakit setelah OP sih gak juga *mungkin tergantung dosis obatnya kale ya* tapi walo bgitu, ttp aja trauma lahirin lg...hihihiii....

bener bang... klo boleh memilih jalan normal dan alami adalah lebih bagus.
tapi Penny termasuk yg HARUS menjalani Caesar nih...
bener memang waktu operasi tidak sakit, klo pas pasca operasi mah relatif. terkandung kondisi si ibu saja sih..
Alhamdulillah klo Penny sih merasa fine-fine aja, tidak ada kesakitan yang begitu berarti, krn semua dijalani secara ikhlas.. jadi enjoy aja.. (hehehe kayak iklan A Mild ya??)

Benar abang erick.Just lahir normal

Saya melahikan cesar. Alasannya, ketuban pecah duluan, tidak ada kontraksi sama sekali selama 24jam, dan diperiksa terakhir ternyata bayinya nyungsang. emmm...padahal 2hr sebelumnya dah cek kandungan posisi bayi sdh oke, eemm...karena terlalu aktif jd muter lg deh...

ALHAMDULILAH sembuh lukanya cuman 1bln aja dan bayi sehat..., belum ada tanda2 seperti di sebutkan atas. jgn sampeh deh...Rasa sakit setelah OP sih gak juga *mungkin tergantung dosis obatnya kale ya* tapi walo bgitu, ttp aja trauma lahirin lg...hihihiii....

kata bidan sebelah rumahku,
caesar lebih berbahaya daripada normal.
caesar digunakan jika sangat terpaksa.

tapi dokter sekarang, lebih senang caesar
karena cepat dan banyak duitnya

nice infonya byme
salam kenal
byme

Posting yang sangat bermanfaat, khususnya bagi kaum Ibu ...

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -