Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-04-01

Menghafal Dengan Metode Hanifida

Menghapal dengan metode Hanifida. Saat saya mengikuti training ESQ, kami diperkenalkan dengan cara menghafal dengan cara yang sangat cepat yaitu metode hafalan Hanifida

Metode hafalan Hanifida adalah metode mengafal dengan sistem asosiasi, dimana objek yang dihafalkan dihubungkan dengan kalimat/kata yang mudah untuk dihafalkan dan diasosiasikan, misalnya dengan tanggal suatu peristiwa. Nama Hanifida sendiri berasal dari nama pencetus sistem hafalan tersebut, yaitu Ustadz Hanif dan istrinya, Ustadzah Ida dari Jombang. Metode ini sudah dipatenkan pada tahun 2006.

Sistem hafalan Hanifida terbukti efektif untuk anak - anak dengan usia dibawah 10 tahun. Terbukti dengan kemampuan mereka dalam menghafal Quran beserta artinya dengan lebih cepat. Dengan metode Hanifida pula mereka mampu menghafal deret 100 angka dalam 2 menit.

Saat demo pengenalan metode Hanifida, ternyata kelompok peserta ESQ yang diberitahu teknik ini rata rata memang dapat mengafal lebih cepat dibandingkan kelompok yang tidak menggunakan teknik Hanifida ini.


Posted by tukang nggame

33 comments:

pengen coba menghafal dengan cara itu kang... :D

ya itu paling gampang. Menghapal rumus kimia yang seabrel abrek jaman sekolah dulu .. juga disimbolkan dengan kata kata yang mudah diinget.

Wah kalau ada tutorialnya, boleh donk mas di share di sini ...

kayaknya boleh juga di praktekkin buat anakku nih :D
efektif utk anak dibawah 10 tahun kan ?

tekniknya gimaan bang.. kok ngga di uraikan lebih rinci.. penasaran deh jadinya.....

setuju ma bang ifoel...tekhniknya gimana bang erik?

mm...baru tau ni tentang metode ini. Thx y atas ulasannya

wah ini dia cara yang bagus kang untuk menghafalkan

Teknik menghafalnya bisa dishare gak bang Naruto..??

iya nih mas
semua yang baca artikel ini pasti pengen tahu caranya.

info menarik tapi kok ngga di jelasin banget gimana tehnik menghafalnya. di contohin gitu bang.. soalnya pengen praktekin juga..

iya pengen praktek juga saya...

iya, menghapal rumus kimia dengan "orang solo seneng telo pohung, nafas sibabi, heboh negara arab karena xerangan ranjau, dsb

iya kaya wkt nghafal rumus kimia di SMA dulu, Halina K rebut Coklat Susu Frans,Heboh Negara Arab Karena SErangan Rumania, Beni Mengatakan Karina Sering rambutnya Rapi, Minum Teh Ceret,dll..Oiya lam knal Mas, jadi penasaran, Metode HANIFIDA tuh kya gimana sih???

Aku juga pengen tahu gimana metode Hanifida ini.
*penasaran mode on*

walah sepertinya menarik, secara untuk hapalan diriku ini agak dudul

ajarin dong mas :)

waduh jadi kepingin ikutan inih belajar ar quran :) ...

Tar kalo dah dapet, kasih tau tekniknya ya Mas Erik.

pertama kali mampir nih,.. thx ya buat artikelnya,..

Bener sekali tuh mas, bagus banget metode nya

Wah info menarik nich Bang Erik, cuma secara teknisnya saya belum tahu itu...
Ditunggu info lanjutannya ya... :)

Info yang menarik nih , Kang. Ntar bs aku terapkan ke anak2ku...

ada bukunya ngga Bang??? berminat banget nih...

coba buka-buka lagi ah om,soalnya daku juga kurang kuat untuk hapalan.makasih om erick

trus...caranya gimana pak? sharing dong...

ato cari google aja yak :P

bagemana dengan yg diatas 20 tahun, efektif juga kah??! hasilnya diatas rata-rata gak yah?
selamat menghafal, utk yg mo ujian kek biologi dan sejenisnya mungkin bisa dpraktekin neh hehehe

yg paling ngetren mungkin ttg pengenalan warna2 pada resistor : mejikuhibung dst yah mang...?

ini modelnya kaya pas kita ngafalin unsur-unsur kimia pas SMA dulu bukan ya mas?? Mau dunk, dijelasin lebih lanjut..

waktu sekolah dulu sih diajarin teknik Jembatan keledai. Misalnya hafalin warna pelangi : Mejikuhibiniu.

balik lagi : tapi apa hubungannya ya, antara jembatan sama keledai? apakah teknik jembatan keledai ini sama dg teknik hanifida?

To all: saat training ESQ, kami dijelaskan secra sekilas, tidak mendetail. tapi gambaran saya memang seperti saat kita menghafal rumus kimia atau menghafalkan jenis warna pelangi.
Untuk menghafalkan yang angka, juga dengan mengaitkan dengan sesuatu yang mudah diingat, tgl lahir, tgl kemrdekaan, yang berkaitan dengan sesuatu yang mudah diingat.

Untuk detailnya, memang ada trainingnya tersendiri. Saat itu diinformasikan kepada kami biayanya Rp 500 ribu. Sayang saat itu saya tidak bisa mengikuti training tersebut.

metode yang menarik sekali ya

bagus sih...itu kaya semacem mnemonic bukan??
kalo gw bleh saran nich...disamping itu semua...kalo mau lebih gampang lagi...
dengan tekhnik warna deh...itu bisa buat kita lebih tertarik untuk membaca dan manghafal...

dijamin deh...

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -