Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2008-12-17

Paedocypris... Ikan Terkecil Di Dunia

Para peneliti telah menemukan ikan air tawar yang diduga sebagai yangterkecil di dunia. Ikan ini hidup di rawa-rawa Pulau Sumatra, Indonesia. Individu dewasa ikan dari genus Paedocypris ini berukuran panjang hanya sekitar 7,9mm, demikian menurut para peneliti yang menuliskan temuannya di journal Royal Society, Inggris.

Namun mereka mengatakan bahwa masa depan ikan-ikan kecil tersebut terlihat suram, karena cepatnya perusakan habitat mereka di Sumatra. Padahal ikan ini termasuk hewan yang bisa bertahan di lingkungan yang ekstrim, seperti genangan-genangan air asam di rawa-rawa hutan hujan.

Makanan tidak banyak tersedia bagi Paedocypris, namun ikan-ikan ini menyesuaikan diri dengan hanya memiliki tubuh kecil yang cukup diisi plankton-plankton di kolam mereka.

Untuk menjaga agar tetap bisa bertahan, ikan-ikan Paedocypris menanggalkan banyak komponen yang biasa dimiliki ikan dewasa, suatu karakteristik yang sesuai dengan sebutan mereka. Otak ikan-ikan ini, misalnya, tidak memiliki tulang pelindung dan ikan betina memiliki ruang yang hanya bisa membawa sedikit telur saja.

Sedangkan ikan jantan dilengkapi organ serupa jepitan yang membantu mereka membuahi telur. Ukurannya yang kecil membuat ikan-ikan ini mampu menghadapi kekeringan, yakni dengan mencari genangan-genangan air yang tersisa di rawa-rawa.

Namun kelangsungan hidup mereka kini terancam aktivitas manusia. Perusakan hutan yang makin luas, pembuatan drainasi yang mengeringkan rawa untuk membuat perkebunan kelapa, dan kebakaran telah menghancurkan habitat Paedocypris. Bisa jadi beberapa kerabat ikan mini tersebut telah punah sebelum kita sempat mengetahui keberadaannya. Oleh karena itu para peneliti berharap bisa melakukan sesuatu untuk melindungi apa yang tertinggal ini.

63 comments:

Wah..kok kecil Banget ikannya... terus cara nyarinya gimana itu... sebenarnya jarang yang cari loh...tapi kok nyaris punah yah.... sebab untuk ikan asin juga kekecilan... mau di pancing juga nggak bisa...
Semoga saja para pemehati dan peneliti yang mau mempertahankan habitat ikan yang satu itu, bisa terlaksana.

Sumpah aku nggak mau ngganggu apalagi memancingnya atau menggorengnya.

Ikannya kayak upil ya ?? kecil bgt hehehe..

ikan segede itu gak tega euy makannya, ngga terasa juga...tp moga ada pemerhati lingkungan yg bakal melindungi habitatnya.

jauh lebih kecil dari ikan teri ya...

kita harusnya bangga punya ikan terkecil di dunia ada di negara kita. akan sayang sekali kalau ngga diperhatikan pelestarian alamnya.

itu gambar ikan apa gambar ibu jari ya?*pura2 gak tau*

ampuun kecilnya kek upil
trus upilnya ikan itu seberapa yak huehueheue
semakin hari semakin langka

wahh jadi ngga keliatan ya keunikan warna n sisiknya kalo diliat..harus pake pembesar nihh
Btw sayang juga kalo sudah punah ya..

saking kecilnya kaluk liat harus pake sedotan qiqi..
sungguh malang nasib makhluk mini ini..terancam punah!

jadi inget iklan... habis mancing ditanya... dapet ikannya?

dapet tapi kecil kecillll

ikannya bisa dimakan gak yah...?lebih kecil dari ikan teri donk...

waw..ternyata Bumi Indonesia menyimpan banyak rekor fauna yah..setelah ditemukan mamalia terkecil sekarang ditemukan lagi ikan terkecil..

Jadi itu ikan paling kecil ya.. sy kira ikan teri yang terkecil, ternyata ada yang lebih kecil lagi..
Btw itu telunjuk siapa mas?Hehe

weh, itu ikan apa kutu mas ??
kecil banget ya ?
memang indonesia syurga dunia kayaknya, hihihi..
segala macam binatang + tumbuhan ada :)

Bang Erik, ikan kecilnya ini kaluk di peyek enak 'kali ya...?
(dipenthelengi Ernut...)

kcil banget ya..??
perbandingannya aja jari tangan manusia

ikannya kecil amat pasti gak enak kalo dimakan gak ada dagingnya.

kecik nian yee...hhmmm....
hebat banget Tuhan yaa....

Unik banget ada ikan sekecil itu.. Saya jadi pingin liat yg sebenarnya. Bisa ga ya kalau di pelihara di akuarium gitu?

Subhanalloh ya ... salah satu Kuasa Ilahi..wah cara kita membantu melestarikannya gmn nih kak

yang gede apa nya coba...?

Ternyata, ada juga ikan terkecil.. Dibanding sama jari aja bedanya segitu.. Gilee memang, Tuhan itu ajaib, dashyat :)

wah, suhu dapet aja info semacam ini ;)

tapi itu ikannya kecil sekali..wihhh 7,9 mm

@NdesO: Saya juga baru tahu. hehehe

Dapet dari mana ni mas erik, baru tahu saya ada ikan sekecil itu. saya juga kalo punah, soalnya ini termasuk hewan yang langka dan bisa jadi cuma ada di Indonesia, Sumatra.

Sayang sekali kalau sampai punah ya...:x
Semoga dari tulisan ini, ada tindak lanjutnya nich, setidaknya masyarakat tahu keberadaan makhluk kecil ini...

ini mah anaknya ikan teri hahaha

bentuknya malah kaya' jentik nyamuk gitu ya

wah.. Kecil banget.. @_@

kalau di goreng ga terasa apa dong. he.he.he.

ikan kopi2 bukan...
dulu waktu kecil di Plaju aku suka kejer2 di got heheheheh

kecil banget ya
artikel ini pernah dimuat di kompas, kan?

eh... fina kira anaknya nyamuk. hehehe... ternyata ikan.

weleh...weleh aku liatnya bingung tuh ikan kok kecil banget..yaaa...dikra cuma tanda item aja di jempol...hhe..hee...siip;ah ada aja ide kang Erick...

aihh kecil banget, ndak mirip ikan tapi. mirip luka jari tangan habis ke-iris.

*muter2 cari blogroll*
ada nama sayah belom yaks, ikS

suer....gw pernah tau
di sumatra lagi

Kok bisa sekecil itu bisa disebut sebagai kategori Ikan sich?


salam

Artikel anda di

http://binatang.infogue.com/paedocypris_ikan_terkecil_di_dunia

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

kalo makanannya banyak tersedia berarti bisa gede ya?

perlu berapa banyak ikan seperti itu yah utk mengenyangkan perutku yang lapar...

dapat aja nih mas erik

Iya mas erik, tadi juga cari2 jambu, tapi sekarang masih jarang, jadi belum dapat.

Sayang sekali klo spesies yg unik ini dan tercatat sbg yg "TER-" jika harus punah gara2 ulah predator paling ganas manusia... Support buat perlindungan mereka...

lebih kecil dari teri nasi ya ? umpphh ga mungkin jadi makanan dong ini terlalu kecil bisa2 ga berasa kalo dimakan :)

Lebih Kecil dari Cebong ya ternyata......... wahahaah...tapi cebong gede keinginannya mas...

kang erik, "saya dapet ikan, tapi ikannya kecil2" heheee ikan kecil, kaya iklan aja? heheee
good post

huhuhu... apa yg bisa ku lakukan unt menolong mereka..

tinggal disruput dah abis bro hehe

kecil banget yaks.... :P

kiranya...ikan itu mampu bertahan karena beban hidupnya yang minim...hehe, maksudnya, isi tubuhnya itu minimalis...fungsional...tapi gak macem2...hehe...apaan sih...gak jelas yah koment nya...

eh..baru tahu saia ada ikan segitu...

kurang keliatan tuh expand collapse widgetnya, :D

wah, ini nih, salah satu bukti kita perlu berbangga dengan indonesia, bukan hanya cacian dan hinaan terhadap bangsa. nice post kang!

klo mo tau jenis klaminnya gimana mang?? musti pake kaca pembesar nihh

pertama kali liat aku kirain itu sayatan kecil di telunjuk loh, mas... abis kecilll bangettt...

sayang banget yah klo ikan unik begitu mesti punah gara2 kehilangan habitatnya.

tu ikan apa kecebong mas? :p kecilnya sama.. eeh malah kecilan si ikan itu yah

Wow... info yang sangat menarik sekali.

Entah darimana Erik mendapatkannya, namun info langka seperti ini sangat bagus untuk membangun daya nalar dan imaginasi saya. Thanks.

imut banget sih ikannya.

senag juga mendengar kalau ada ikan terkecil didunia yang berasal dari indonesia, semoga pihak terkait bisa mencegah punahnya hewan langka ini :)

wow saya baru tau, he he he...
Gimana peliharanya yah ? ukurannya kan kecil banget, bisa bisa kalo ditaro di kolam, cuma jadi makanan ikan ikan laennya...

wow saya baru tau, he he he...
Gimana peliharanya yah ? ukurannya kan kecil banget, bisa bisa kalo ditaro di kolam, cuma jadi makanan ikan ikan laennya...

Waaah...kecil sekali...ikan teri juga kalah nih. Kalau dimakan, berapa ekor ya baru kenyang? :)

Itu kalo anaknya sebesar apa yah???

Aweѕome blog! Iѕ your thеme cuѕtom made or dіd you ԁownload it from ѕomewherе?

A theme like yours with a few simple adjustements
would reаlly mаκe my blog ѕhine. Please let me κnοω where you got
youг theme. Thanκ you

My blog ... how to save money at disney world

Howdy are using Wordpreѕѕ for your site рlatfoгm?

І'm new to the blog world but I'm trying to get started and set up my
own. Do you require any html сoding knοwledge to make yοur own blog?

Anу help ωould be reallу apprecіаted!


Feel free to visіt my blog: how to lose belly quickly

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -