Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2008-12-12

Proteksi Data Flash Disk

Jika kita memiliki Flash disk berkapasitas besar (diatas 1 GB), maka sebaiknya membuat partisi lebih dari satu. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi kerusakan fatal, baik yang disebabkan oleh virus atau penyebab lainnya, maka kita masih bisa menyelamatkan data di salah satu partisi seandainya jalan terakhir memformat flash disk harus dilakukan.

Dalam membuat partisi, formatlah dengan NTFS (support windows 2000/2003/XP) bukan FAT32.

Buatlah satu bagian yang aman (harus memasukkan password untuk dapat mengakses bagian flashdisk yang diamankan/secure), dan satu bagian lagi yang bisa diakses umum.


Jika kita menggunakan Windows XP Pro (bukan home edition) dan format winnya NTFS kita dapat membuat password pada sebuah folder dengan langkah-langkah sbb:


1. Control panel >> Folder Options >> View >> Lihat checkbox bawah sendiri >> hilangkan tanda centang >> OK.

Kemudian, Klik kanan folder yang mau di proteksi >> Properties >> Security >> beri tanda cek semua pada kolom deny. >> OK.


Folder yang bersangkutan akan berubah menjadi 0 byte.



2. Menggunakan tool/aplikasi untuk memproteksi USB Flash disk.

Ada beberapa tool yang berfungsi untuk melindungi folder maupun file yang ada dalam storage device seperti:
  • File Protektor
  • Folder Guard
  • Folder Lock
  • Mysecretfolder
  • Usbdiskguard
  • Carryit
  • Easy file Pro
  • Dll
Dari semua tool tersebut pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama yaitu memproteksi folder atau file dengan password sehingga orang lain tidak bisa mengakses folder tersebut atau virus tidak bisa menginfeksi folder atau file yang bersangkutan.

Easyfilepro bisa didownload di sini
Mysecretfolder bisa didownload di sini
CarryitEasy bisa didownload di sini



3. Meng-kompres data maupun Meng-enskripsi data

Biasanya setiap USB Flashdisk selalu disertai CD driver bawaannya. Dan pada umumnya dalam CD driver tersebut ada tool untuk “Compression Support” maupun “Encription Support”. Namun jika kita tidak mendapatkan tool yang dimaksud kita dapat menggunakan tool lain seperti WinRar untuk melakukan kompresi dan memberikan password pada data yang dikompresi tersebut.

Sumber di sini


60 comments:

wah saya yang pertamax ya...nyepam dulu ah, penuh2hin...pakabar

wah thanks nih tipsnya, mungkin suatu saat saya perlu proteksi flashdisk saya tinggal ngintip postinganya bang erik..:) komputernya udah sembuh nih? saya ngga punya flashdisk soalnya hehehe, keseringan minjem kalo butuh :)...tapi makasih tipsnya ya..

waah sip tuh postingnya...bisa aman ya data flash disk..trims tips nya..

Nambahin ah, biar virus di Flashdisk g menyebar ke kompi :

1. Mematikan Autorun
Virus dari flash disk menyebar ke kompi pada dapat autorun di jalankan. Jadi untuk mengurangi resiko kompi terkena virus, caranya dengan mematikan autorun.

2. Scan flashdisk
Sebelum digunakan scan flashdisk terlebih dulu saat dicolok ke kompi.

Cara mematikan autorun :

Disable Autorun/Autoplay melalui Group Policy [GPEDIT.MCS], caranya:

- Klik menu [Start]

- Klik [Run]

- Ketik GPEDIT.MSC pada kolom “RUN”

- Setelah muncul layar “Group Policy” klik folder “System” pada menu “User Configuration” dan “Computer Configuration”

- Pada kolom Settings, klik dua kali “Turn off Autoplay”Interface Group Policy “User Configuration” Interface Group Policy “Computer Configuration”

- Setelah muncul layar “Turn off Autoplay” properties, klik

tabulasi [Settings] dan pilih opsi “Enable” pada menu “Turn off

Autoplay” kemudian Pilih “All Drive” pada kolom “Turn off Autoplay on”

Kemudian klik tombol “OK”
Klik “Close” untuk keluar dari layar “Group Policy”
Restart komputer

keren infonya mas erik...ntar gew partisi yg 4 giga jadi 4 :)

@Mama Hilda: Insya Allah malam ini sudah sembuh, susah juga mematikan virusnya. Inet jadi putus tiap 2 menit, mau download gak bisa. Sekarang sudah bisa Inet, malah jadi ngejos banget Inetnya.

@Devi: makasih ya..

@Seno: Wah makasih tambahan infonya mas.

@Sang Penyamun: monggo mas

naah ini diaa,... saya dah lama nyari bang erik,..trims infonya,...
mantaab...

info yang bermanfaat, thanks mas erik, saya bungkus dulu ya biar gak lupa

asyiiik..langsung dikerjakan deh...txs infonya kak..

kayaknya flesdis saya jg byk virus nya tuh.tp gak ngerti cara membasmi nya apalagi mem format nya.gaptek sih...he...

wah... flash disk ku blm diliat nih.. lah wong isinya cuma lagu aja gak ada yang penting...

aisk nih info bagus. siiiiiiiiiiip siap dijalankan langsung ke TKP.

sip info sangattt bagussss..... makasih banyak lho mas erik

assalamu'alaikum wrwb pa kabar kakak sekeluarga semoga sehat...wah makasih banget nih tipsnya sangat berguna buat zie kak

ngak mudeng

biarkan diriku dengan kegaptekanku

hmm, boleh juga dicoba nih..
baru tau klo fdisk bisa dipartisi..
hehe..

Yups! Ngurangi stress gara-gara flashdisk nih! Matur nuwun sanget! Bang!

oya mas flash disk aq rusak tidak mau membaca isinya itu gimana ya mas flash disk aq ber kapasitas 512 tolong jawab anya oke..
thank atas infonya mas erik he...

Kadangkala saya sendiri mengabaikan proteksi dan keamanan data di USB.
Makasih banyak dah diingatkan mas Erik.

wah...betul...saya pernah mengalami kueeeecewaaa berat lantaran isi fd 'total rusak'. hehe...kyk nama band aja....

this posting very useful for mr. thx mas...

apa kbr?

baru tau ne kalo flashdisk juga bisa d partisi. makasi ya infone.

wah ketingalan inforamsi berharga ni.. mksh y bang erik.. .

Em... makasih Om, aku coba tipsnya... biar data2ku di flashdisk aman dari ganguan. maksudnya selamat.

Hehehe....

Virus sialan bikin aku harus ngeformat kompie'ku mas :((

asataga...sungguh katronya diriQ, aQ br tahu klo FD bs di partisi..makash atas infonya y mas. N makasih jg udah mampir ke blogQ
salam kenal dariQ.. :)

sarahtidaksendiri[dot]wordpress[dot]com

makasih kang atas share ilmunya.....sangat bermanfaat bagui saya yang gaptek

makasih infonya yach ^^

kang Erik, saya punya cruzer micro 2 gb. ga sengaja kecuci di mesin cuci, tapi kok masih bisa di pake dan data nya belum tidak hilang,..kali masi cinta ama saya? heheee

nambahin seno: khusus untuk virus2 yang menyebar melalui pembuatan autorun.inf secara otomatis. TIPU SAJA... caranya, buat file autorun.inf, kosongin isinya atau isi dengan skrip yang aman misalnya langsung membuka ekplorer. jangan lupa, proteksi file tersebut agar tidak bisa diotak-atik.
sekarang flashdisk aman dibuka di kompi lain.
kena virus lain???
*kaboooorrr*

punya flash disk pasti ilang... tapi isinya gak ada yg penting sih...
jadi skg lagi gak ada FD, males beli, udah ilang utk yg ketiga kalinya.. dasar akunya pelupa banget...

selamat malam mas Erik..
tips tentang flash disk nya berguna sekali..

berarti flashdisk bunda yg 4 GB bisa di bikin 4 partisi gitu ya mas erik. makasih infonya

Bang, komenku yg td udah masuk blm ya?? Duh ko masih ada, pdhl td udah nulis lumayan byk...
Intinya, infonya keren, aq jd bngung mo partisi jd brp hehehe...

Putty Angelica

lapor kang link sudah terpasang.....silahkan di cek kembali

selamat malam om...lam kenal, waduh kalo untuk plas disk aku tidak tahu soalnya belum punya

Waaahhh info yang menarik bang...

saya juga pengen nyoba buat partisi di flasdisk... loh emangnya buat partisi bisa langsung dengan memformatnya gitu yang bang...jadi bingung nih... Ahhh masa bodo yg penting coba dulu...wkwkwkw

jadi pengen nyoba...makasih udah berbagi..salam hangat selalu

sip!!Thx 4 d info...saatnya praktek..

Wah tutorialnya seep bang..bisa langsung aplikasi nie..

agak kapok pake flashdisk sering rusak :(

Sebuah tips yang sangat bermanfaat, apalagi sekarang flashdisk sudah menjadi media utama penyimpanan mobile data, menggantikan disket dan CD ..

Thanks for the posting ..!!!

thx bro erik. mantap banget infonya

bermanfaat banget tuk dibaca.... waw... Salam kenal bro

Trima kasih informasinya yg berguna ...

Apa kabar jg ? Kabar baik kami sekeluarga disini.

Dibaca langsung dipraktekan hehe.. Makasih infonya mas..

ijin langsung mraktekin Kang...

hiksss pernah kejadian flash disk error. data ilang semuaaaahhh ...nangis bombay deh...

wah, mantafffff suhu ilmunya ;)

saya biasanya pake HDD notebook yang ditenteng itu...hihihi...pake ngerampok data temen...hehehe

good post suhu ;)

wah, bagus ni..
baru2 ini flasdisku rusak, gak bs dibuka... wah kecewa banget, tulisan2ku yang blum aku simpen di kompi hilang deh...
selamat beraktifitas ya pak...

makasih tips nya.... :) :)

mmg paling sebel deh klo fd tganggu..untung ada mang Erik nih..trims

hi erik, i got an award for you..

gud idea mas..
nnt sy minta tolong temen ktr yg ngerti perkomputeran deh..

soal tags, pjng aja foto terbaru mas.. klo g, langsung foto en pajang hehehe, slamat bernarsis2 ria yah

gak ngertiii mas eriikkkk

pakabar mas? ide yg bagus back up data dg USB

mantap juga nih info... menarik..

pakai body protector biar ngga cidera, paling tidak knee dan elbow protector...lho ini sih protector kalau main sepeda ya...Ih ngga nyambung amat..halo,,halo,,kring..kring..

hehehe..thanks mas erik dah sharing ilmu

thanks for sharing yah, mas... :)

Ргеtty ѕection of content. Ι just stumblеd uρоn уоur
sitе and in acceѕsion capital to asѕeгt that I get in
fact enjoуеԁ account your blog posts.
Аnyway I'll be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently rapidly.

Look at my blog; Battery Operated Cars For Kids With Remote Control

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -