Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2008-12-19

Ke Luar Negeri Bebas Biaya Fiskal?

Buat sahabat yang sering pergi ke luar negeri, ada info tebaru dari Ditjen Pajak. Mulai tahun 2009, bagi pemegang NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dapat menikmati fasilitas bebas biaya fiskal di bandara.

Untuk yang tidak mempunyai NPWP, mulai tahun 2009 tarif untuk sekali berangkat adalah sebagai berikut:
  1. Melalui bandara, harus membayar Rp. 2.500.000,-, naik 150% dari tarif sebelumnya.
  2. Melalui jalur laut, harus membayar Rp. 1.000.000,-. naik 100% dibanding tarif sebelumnya.
  3. Untuk jalur darat belum ada ketetapan.
Sedangkan untuk pemegang NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), cara menikmati fasilitas bebas biaya fiskalnya adalah sebagai berikut:
  1. Tunjukkan kartu NPWP, tiket dan paspor kepada petugas pajak di loket fiskal, tidak perlu membayar fiskal.
  2. Istri dan anak dibawah umur 21 tahun juga mendapatkan fasilitas bebas biaya fiskal, dengan syarat menyerahkan foto copy kartu keluarga kepada petugas fiskal.
  3. Jika pemegang NPWP tidak ikut pergi, maka istri/anak harus menyerahkan foto copy kartu NPWP dan foto copy kartu keluarga kepada petugas fiskal.
  4. Selanjutnya di loket fiskal, petugas memberi surat pengantar untuk pemilik NPWP ke petugas imigrasi, selanjutnya bisa melanjutkan perjalanan ke luar negeri.

Sumber: Ditjen Pajak


82 comments:

di save aja dulu bang...
sapa tahu satu saat ada urusan dinas ke luar negeri.. hehehehe.. info penting nih..

lapur: aku wis nduwe enpewepe, pak!

tul sekali kak, infonya. kemarin aku juga dapt undangan rapat pers dari KJRI menyangkut peraturan yg satu ini.

kalo aku sih malah dah 6 tahun lalu bebas fiskal,soalnya perusahaan yang mbayarin,he..he..

kang kalo blogger gimana bisa punya NPWP?? :(

siiip tuh info nya tpi klo aku gmn...ya bsa dpt NPWP..heee..heee...

Saya yang ga (belum) pernah ke luar negeri, berarti ga (belum) butuh NPWP. Walopun itu kewajiban sebagai warga negara.

Iya tuh sy juga dapat informasi bebas fiskal buat yang berNPWP.. info bagus nih mas erik..

sip banget infonya. tapi emang bener free bro? malesnya kalo ada yg masih nakal hehe

Ah saya sih gamau buat NPWP, pajaknya tinggi brur...... hehehe...

saya beberapa waktu lalu juga posting tentang ini, namanya sunset policy, buruan lho, pendaftaran online bagi wni luar negeri sampe akhir desember ini.
Nah, sepertinya ngga akan ada yang nakal lagi, soalnya NPWP itu satu orang satu dan udah masuk database komputer..jadi kalo masih ada yang nakal itu artinya dia yang kuper ngga baca perkembangan terbaru dari dirjen pajak...
http://hildafarha.blogspot.com/2008/12/yuk-sadar-pajak.html

Wah infi yg sangat menarik, mkn mempermudah aja... di copy dulu ah, ntar bca lg... NPWP mamaku boleh ga ya??

sayang sekali yah saya gak ke luar negeri. Padahal enak banget. Bebas biaya fiskal.... mas mau ke luar negeri..??? Mas, makanya daftar donk di SURF JUNKY

ada yang mau ajakin sy ke luar negeri ga nihhh???

hoyeeeee aq ud punya ....
siplaaa besok2 bisa nonton F1 di Singapore lagi tanpa biaya fiskal neh.

yeehh Slikers, justru kalo nda punya NPWP pajaknya bakalan lebih gede daripada yg punya NPWP atuhhh

yupp..betul nih..
tapi kalo ngga salah,,yg wajib punya NPWP adalah yang sudah punya penghasilan dimana PTKP tahun 2008 adalah sktr 13.200.000..utk tahun 2009 sktr 15jutaan.

itu kalo ga salah ya..mungkin ada dari sobat yg kerja di kantor pajak bisa sharing

gak punya uang buat ke luar negeri hiks... kecian deh...

NPWp dah ada. tp uang buat ke LNnya yg gak ada

I just want to say that I was here.
Have a nice weekend, Eric. :)

Waaaah asyik dong, nggak hanya yg punya passport Batam yang bebas fiskal yaa

UDAH ada diluar negri nich

trims infonya mas

untung jadi perempuan sekalibgus istri....halahhh....

gyaaa belom bikin, waktu uda mepet
*telat*

Mantap bro infonya, tks

buat menjaring pajak emang haruse pemerintah gt biar masyrakat sadar pajak :)

Saya sih belum ada rencana ke LN...nggak tahu besok - besok kalau ada yang ngajak... aku paling suka kalau di ajak..dan di kasih ongkosnya

Makasih infonya...nanti ini di simpan aja dulu siapa tahu besok berguna..... asal nggak ada prubahan lagi....
Kan Indonesia gampang banget berubahnya

Iya nih, saya belum sempet bikin NPWP.

BTW istriku baru saja kembali dari RS, terima kasih atas doa dan tipsnya. Salam Seno n family.

wah enak ya bisa keluar negeri ada potongan harga

Wah asyik asyik, tapi huhuhuuu...musti ngurus NPWP dulu yak.. Huhuhu...

Btw mas Erik, saya sudah ngirimin bahan bacaan. Dicek ya... Ttg Etika Pemerintahan.

wah zie termasuk nih tapi kapan ya keluar negeri (sambil mikir) oh iya insyaAllah dan utama kalau berangkat haji nanti (amin)

NPWP saya sih sudah punya. itupun terpaksa saat saya ambil KPR. mungkin kalau gak mau KPR, saya sampai sekarang belum punya NPWP. hehehe

Makasih banyak atas infonya mas Erik.
Semoga yg berlaku di lapangan sesuai dengan peraturannya ya...:)

KEluar negeri aja gtw kpn.hehehee..
tp bagus neh infona utk yg suka keluar negeri.

asik kalo bebas fiskal tp masalahnya kapan bisa ke luar negeri nih kayak kata debrian di atas :p

udah punya sih ehhehehehe cuman ke luar negeri menjenguk sodara yg di mana yak? afrika mungkin

mosok bloger ngak punya npwp... apa kata dunia?

Kalau NPWP memang sudah kewajiban sebagai warganegara ya. pastinya untuk yg penghasilannya spt yg disebut Bang Budi. Ke LN tak usah bayar fiskal? wah boleh juga tuh kalau ada yg mau sponsorin jalan2 ke LN...tinggal bawa badan deh hehehe

Baru daftar online via Pajak Online utk NPWP, soale Oriflame mulai memberlakukan pajak baru yg lebih tinggi utk yg gak punya NPWP taon depan Bang. Eike gak mo rugi bonus kepotong gede cuma gara-gara gak punya NPWP ckikiki..

Btw, thanks for worried bout me and mi papito yah Bang, really appreciate that :hug:

Wah telat gw komment disini...

blom kelar bikin npwpnya nih....

wah .. lumyana nih .. jadi hemat uang saku

wah..enak sekali bagi yg sering ke luar negeri..sayang aku gak punya duid ke luar negeri..salam kenal mas..

wahh info bagus nih bang...
Btw anak2ku tahun kemaren juga ngga kena fiskal..karena masih dibawah 12tahun..he..he..

Waduhhh.. pengen bgt bisa ke luar negeri nieh.. Kalo ke luar kota sih sering mas.. Hehehe...

Informasinya komplit banget lo om. Meskipun saya gak begitu memerlukannya tapi saya pernah kena biaya fiskal juga. . . . . He he he

kang erik, terimakasih infonya
btw, kalo sudah memilki npwp, gaji penghasilan kita yang kerja di luar negeri kena pajak berapa persen ya kang, gimana registrasinya?
thank you

masih kuliah bro
nggak mikirin masalah pajak
apalagi belum ada duit buat keluar negeri ^_^

fiskal tuh apa ya mas_^

nggak tau

oh iya sudah saya link back, maksih

matur teterengkyu mas buat infonya.

Berlaku nggak ya klo mo naek haji...?????

makasih info nyo kak erik...

wah iya...lupa belum bikin nih...

Tambahin koment lagi ach....
hehheehhe...
thanks sob..!

asik yah tahun depan nggak perlu bayar fiskal lagi

Wow...aku juga punya rencana nech mau ke LN

http://teropongkaca.com/

ngurus NPWPnya dimana mang??

hmm..kapan y aQ bs ke luar ngeri, tp klo mmg hal ini benar, baguslah..smga rekan2 yg akan melajutkan studynya ke luar ngeri bs lbh terbantu...

-sarahtidaksendiri.wordpress.com-

wah wah... kalo nasib saya gimana dunk?? uda diatas 21 *katanya musti punya enpewepe*, tapi lom merid... musti bayar fiskal dunk...

ya tuh, udah saatnya ngurus npwp...meski gak keluar negeri. kewajiban warga negara:)

hohoho...pinter juga pemerintah kita yah...

yippiieee... ini baru good news..
jadi siapa yang sudah siap ngajak saya jalan2 ke luar negeri jangan sungkan2 yah... saya ud punya NPWP loh... hehehe...

*dijitak* :P

saya sih ga punya npwp.. tp kayanya bakal bikin deh.. sapa tau ada yg ngajak ke luar negeri ahaahaa..

Hore.. hore.. aku dah punya kartu NPWP... Hmmm.. tapi kapan ke luar negerinya ya? :-) Semoga tahun 2009 deh.. sekalian nyoba kesaktian NPWP.. hehehe

aku juga sudah punya.....hehehe

belum punya soalnya masih mahasiswa :)

kasihan yg belum ada NPWP ya. mahal banget sih fiskalnya.

maaf bang Erik baru smpat berkunjung
apa kabar?
^sori OOT

btw, ni tiket pesawat naik kan ya?padahal aftur kan udah turun?apa pemegang NPWP bisa mendapat biaya miring ya?

pengunjung ke 71, waaah luar biasa...
comment balasan: gambarnya kekecilan ya kang? iya maaf kang, ntar deh ini jadi koreksi buat saya, makasih kang...

waaah bagus postingannya kang, sapa tau aku nanti ke luar negeri "mimpi kale" hehehehe
salam sehat selalu aza kang....

hehe, aku baru posting tuh soal bikin NPWP...
skg aku udah punya NPWP.... jadi bebas fiskal kalo terbang keluar negri....

kabar baik sobat...thanks ya dah berkunjung..heheheh

berita gembira bagi orang yg pny NPWP, skaligus berita tragis bagi yg doyan plesiran tp gak ber gawe, alias ga pny NPWP.
2,5 juta..gile bener, jaman masih setengah juta aja, rasanya sayang bgt ngeluari duit. pas sejuta, lumayan menyayat2 hati, gmn 2,5juta..hahahaha...kaciman!!!

untuk apply npwp khan gak harus punya pekerjaan tetap ya ? *bingung baca komentar icha*

tambah ribet nggak siiih????

aq copas utk sebarin ma temen2 ya bang Erik...

wah enak neh kang ;)

musti cepet - cepet ngurus neh :)

mo pergi kemana yakkk? bagi saya ke luar bali saja udah luar negeri...hehehe

memang seharusnya semua orang punya npwp...

Hey Τhere. I fοund your blog using mѕn.
Thiѕ iѕ an еxtremely well wгitten artiсlе.

I'll make sure to bookmark it and return to read more of your useful information. Thanks for the post. I will definitely return.

Have a look at my website payday loans

Hеy There. Ӏ found your blog usіng msn.
Тhiѕ iѕ a гeаlly wеll written article.
I'll be sure to bookmark it and return to read more of your useful info. Thanks for the post. I'll certainly retuгn.



My ωebѕіte :: payday loan
my site - payday loan

Aρpreсiating the hard work you put іnto your websitе anԁ detailed infοrmation you offer.
It's great to come across a blog every once in a while that isn't the same old rehashed mateгial.
Fantaѕtic read! I've bookmarked your site and I'm аdding your RSS feedѕ to my Google acсount.


Feеl free to ѕurf to my page; instant loans

ӏ like the valuаble info you provide in your aгticles.
I'll bookmark your weblog and check again here regularly. I'm
quite suгe Ӏ will learn many new stuff right hегe!
Βest οf luck fоr the next!

Also visit my website :: payday loans

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -