Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-02-16

Uniknya Burung Kraniche / Crane

Setiap mahluk diciptakan dengan keunikannya masing-masing, dengan kelebihan dan kekurangannya. Demikian juga dengan burung , juga mempunyai keunikan. Sebuah keunikan yang ternyata menyimpan suatu filosofi dan hikmah yang bisa kita petik dan kita teladani.



crane, kraniche
Foto di atas adalah hasil jepretan mbak Ely. Rombongan burung Kraniche (Crane) tersebut sedang melintas di sekitar lokasi rumah mbak Ely yang tinggal di Jerman. Foto tersebut diambil saat menjelang musim dingin tiba ditahun 2008.

crane, kraniche
Menurut informasi yang saya peroleh dari salah satu VCD Harun Yahya, burung Kraniche itu adanya di negara-negara yang memilki empat musim. Mereka akan terbang secara rombongan ke daerah yang lebih hangat, untuk menghindari musim dingin. Nah disilah keunikan mereka bisa dilihat, saat mereka sedang migrasi, rombongan burung tersebut membentuk huruf V. Mengapa?

crane,kraniche
Ternyata, dengan terbang membentuk huruf V, maka efisiensi grup/rombongan burung tersebut, naik sebesar 71 persen bila dibandingkan dengan terbang sendiri sendiri. Hemm ternyata mereka bersinergi ya...

crane,kraniche
Ketika salah satu burung Kraniche meninggalkan formasi V tersebut, maka dia mengalami tekanan udara yang besar, dan dia akan mengalami kesulitan terbang sendirian. Karena itu, dengan cepat dia segera terbang kembali ke formasi, untuk berbagi efek terbang dalam formasi.

crane,kraniche
Saat team leader (posisi paling depan) mengalami kelelahan, maka dia berpindah ke ujung formasi V, dan burung lain akan mengambil tempatnya/posisinya. Demikianlah, mereka melakukan perjalanan sampai di tempat yang dituju dengan berkali-kali terjadi pergantian team leader.

crane,kraniche
Burung Kraniche terbang dalam formasi V sambil mengeluarkan suaranya bersahutan. Hal ini akan memberi semangat terbang bagi team leadernya maupun anggota rombongannya. Dengan cara demikian, mereka akan lebih mudah untuk terbang dengan kecepatan yang sama.

crane,kraniche
Jika salah satu anggota rombongan burung Kraniche tersebut sakit atau kelelahan, maka dia akan tertinggal dan keluar dari formasi V tersebut.

crane,kraniche

Namun ternyata beberapa anggota rombongan ikut keluar dari formasi, dan segera membentuk formasi V yang baru, untuk menolong dan mengawalnya... hingga dia sehat kembali dan masuk ke formasi V yang lama, atau terus dengan formasi V yang baru tersebut, atau jatuh dan mati.

crane,kraniche
Alam telah banyak mengajarkan kepada kita. Namun demikian, akhirnya kembali kepada kita, apakah kita mau mengamati, mempelajari dan menggali hikmahnya. Pada hakekatnya, setiap yang kita temui adalah kita

crane,kraniche

Sobat...kalau burung Kraniche saja bisa bekerja sama, saling memotivasi, kompak dan bersinergi dalam suatu team, semoga kita bisa berbuat lebih baik lagi, semoga para pemimpin bangsa ini bisa bekerjasama dan bersinergi dengan baiknya. Semoga juga Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 juga bisa berjalan dengan damai.

crane,kraniche

51 comments:

hebat...
naluriah dan alamiah sekali, memang kadang kita harus bisa membaca fenomena alam secara seksama, dan belajar dari perilaku mahluk tuhan yang lain...

kyak sapu lidi ya bang. satu nga berguna klo rame2 jadi berguna . gotong royong saling membantu .

bgtu juga rakyat . klo kompak bisa lengserin pejabat2 bejat.. ekekekekeke ..

mantep infonya kang? kirain burung wallet! bukan nya?

Kerennn...Kerennnn....

alam dan kondisi ataupun kemampuan mereka yang menuntut untuk terus bekerja sama.

setiakawan dalam kepedulian terhadap salah satu dari mereka yang lemah adalah hal menakjubkan.

tapi mengapadiantara manusiaada selogan "yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin"

salahkah bang haji rhoma mempopulerkan istilah itu dalam lagunya?

subhanallah.
alam memang manerik utk dibahas.
msh ingat saya kan bang??

Bisa dijadiin bahan renungan ya kang Erik,...

Subhanalloh... Saya juga pernah lihat tuh kumpulan burung yang membentuk 'V' formation.

Kalau burung aja bisa bersinergi, apalagi manusia sang 'khalifah dunia'??? :)

Siip postingannya Bang Erik... :)

wah..iya pecipta memang maha besar,
saya sempet baca video burung jenis ini di harun yahya dan toturial muslim..

subhanallah

Yup !

Nice posting Erik ..... kata orang tua-tua dulu .. Alam terbentang dapat kita jadikan guru

burungnya bagus heheheh

burung aja bisa kerjasama...naluri alaminya..kalo manusia, naluri nya lebih kuat naluri memangsa nya ehheuehe

wehhh mungkin kalo ditempatk namanya burung kuntul kalee yakk.. wkwkwkwkkwkwkwk

*Salam kenal ya...,

*Oh iya sy mengundang anda tuk membaca Novel sy yg berjudul HEXVERSTOONE di blog saya, kl gak keberatan sekalian di follow, mohon dukungannya

*Salam hormat

wahhh..dari pagi aku coba koment ngga bisa bang Erik..
Tapi sekarang dah ok nihhh..

Wwahh kayaknya kita perlu belajar dari burung nih bang...bisa kerjasama dan bisa saling berbagi..ngga kayak bangsa kita sekarang yang mau kerjasama kalo diperlukan...tapi begitu berhasil semua maunya dimiliki sendiri hehehehe

:o Indah banget...
DiIndonesia gak ada ya Bang

Berapa musim ya di Indo
kapan ya bisa lihat burung ini:y

Sip dach sharingnya...mudah-mudahan saya dapat kesempatan melihat burung yang indah ini

kayaknya pernah di postkan nih bang... ohhh repost ya...?? mantap...!!
kadang manusia harus belajar banyak dari makhluk yang lebih rendah derajatnya.... sebuah pencerahan yang sangat bagus... moga para pemimpin negeri ini sapat bersinergi dengan baik seperti harapan bang erik... amin..20x

Duh indahnya ...!!!
Bisa membentuk formasi kaya pesawat tempur ya mas ...?

waaa keyeeennn sangad mas, bisa gitu yah hehehe jadi inget formasi kura-kura di pelem aterix:p

*Salam kenal

*Baca Novel saya yg berjudul HEXVERSTOONE di themahdavinovel.blogspot.com, sekalian di Follow ya, mohon dukungannya.

*Salam hormat

Subhanalloh...
Burung aja bisa kerjasama sedemikian hebatnya, kenapa kita enggak ya?

formasinya itu kaya pesawat terbang pas sedeng ada pameran dirgantara kang :D

eitss kok ada kampanye..hehehe

dulu saya sering liat tuh burung terbang gitu tp skrg udah jarang...

skrg dah semakin jarang formasi burung2 terbang gitu dah makin byk gedung dan polusi...

Serombongan burung dengan bersinergi terbang membentuk formasi untuk menopang kekuatan mereka agar kekompakan mencapai tujuan yang mereka cita-citakan dapat terealisasi secara bersama-sama, bergotong royong dan memberi banyak pelajaran kepada kita semua. Nice post friend!

walah. kang Erik mendadak jadi pengamat masalah perburungan neh.....

datang melihat foto2 burung. wah, bagus2 ya.....

wahh..keren :) di indonesia ada ga yach burng yg seperti itu :t

salam hormat Sir :)
sekalian salam kenal :)

PElajaran dari alam, peminpin boleh berganti tapi tujuan tetap sama.

Alam memang hebat, tak terbayanag betapa hebat penciptanya.....

Ini postingan yang dulu itu ya Mas Erik?

*Wah salut juga buat anda yg punya kepedulian tinggi terhadap lingkungan, di negara ini banyak membutuhkan org seperti anda...,

*makasih banget, ikuti terus ya Novel saya...,

*Iya Pegasus itu kuda terbang/bersayap, biasanya berwarna putih

udah pernah baca postingannya yang ini kayaknya kang erik, sepertinya sebelum tragedi blog terhapus ya..

blog dengan makna yg bermanfaat.
Success ya :)

bener jg boss.. pokoke damailah, yg menang merangkul yg kalah, dan yang kalah jg marah2

wah kompak ya. ibarat sapu lidi. satu lidi tak bisa di pakai, satu burung pun akan sulit terbang :D

wah keren ntuh bang.....kelompok burungnya kompak gag banyak nyang di adu, beda ama manusia seringnya diadu aja yah, dapet moto dimana kang

subhanallah .. begitu banyak pelajaran yg di perlihatkan Allah agar hamba2-Nya selalu bersyukur..

Thanks untuk selalu mengingatkan..

Burung yang menarik yaa...!

Semoga saja kita yang manusia...jauh lebih baek lagi utk bisa ngambil hikmahnya!

wah wah... posting ini, posting yang pertama aku coment di sini loo

Indah banget tuh formasi burungnya..hebat bisa kompak..!! tp lebih hebat lagi para pemerintah,kompak bgt klo pas korupsi...

Ampunn pak...yg gk korupsi gk usah sewot..ok

wah ya ..sering liat burung ky gitu neh..apalgi kl rame"..bagusnya

erik reposting yah... tetap bacaan menarik kok.
kerja sama burung2 memang mengagumkan, manusia harus menirunya :D

iyaah, bener banget, kita seharusnya bisa blajar dari mana ajaah...enak yaah, kalo saling support gini.....

alam mengajarkan qt banyak hal, tapi qt malah sering merusak alam.

Subhanallah ... bagus banget artikelnya, bisa nggak tukeran link biar saya sering berkunjung kesini

kita harus belajar lagi dari burung...!

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -