Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-03-27

Tragedi Luapan Situ Gintung

Tragedi Luapan Situ Gintung


Selama ini, Situ Gintung hanya dikenal masyarakat Jakarta dan Tangerang sebagai salah satu tempat wisata alam dengan pemandangan danau. Letak danau ini memang di dekat perbatasan Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan, yaitu di Cirendeu, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, tepatnya di belakang kampus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Danaunya sendiri sesungguhnya tidak kelihatan bagus, danau terus mengalami proses pendangkalan. Berdasarkan data dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, luas Situ Gintung semula mencapai 31 hektar. Namun, karena proses pendangkalan sekarang luasnya tinggal 21,4 hektar.

Dini hari pagi ini, terjadi tragedi jebolnya tanggul Situ Gintung. Tanggul yang jebol sekitar 30 meter dan serta-merta menggelontorkan air bah sekitar 2,1 juta meter kubik.

Kapasitas tampung danau itu memang sejitar 2,1 juta meter kubik, tetapi hujan deras yang terjadi Kamis sore pukul 16.00-20.00 kemarin menyebabkan danau tak mampu menampung air. Menurut Kepala Balai Besar Wilayah Ciliwung-Cisadane Pitoyo Subandrio, sekitar satu juta meter kubik air terpaksa mengalir melalui bibir tanggul dan pelan-pelan mengikis tanggul.

Gerusan air yang terus-menerus ditambah dengan rapuhnya tanggul yang dibangun pada zaman Belanda itu menyebabkan tanggul perlahan-lahan longsor di bagian bawah sehingga tanggul makin tak kuat. Akhirnya, sekitar pukul 02.00, tanggul jebol dan menggelontorkan jutaan kubik air.

Akibatnya, puluhan jiwa melayang, ratusan rumah warga hanyut, dan ribuan rumah lainnya di kawasan Ciputat dan Bintaro tergenang banjir.

Innalilahi wa inna ilaihi raji'un. Semoga saja mereka yang mendapat musibah diberi ketabahan.

Posted by tukang nggame

30 comments:

Prihatin mas erik ... ya semoga para korban diberi ketabahan menghadapi cobaan ini ...

prihatin juga,..saya baru lihat beritanya tadi sore,...telat dari pagi saya sibuk kerja...

Kalau sudah begini pemerintah baru kelabakan, cek sana... cek sini... sedangkan laporan warga tentang kerusakan tanggul situ gintung 3 tahun lalu tak pernah dianggap ada.... piye jal....

apa hendak kata [malang tak dapat di tolak mujur tak dapat raih]tidak perlu saling menyalahkan. apa dan bagai mana caranya pemerintahan setempat dalam menghadapi bencana ini. tidak perlu bnyak komentar. perbanyaklah bantuan buat masarakat yg membutuhkan.

Inna lillahi wa inna ilaihi rooji'uun...
Turut berduka cita dan semoga bagi para korban diberikan kekuatan, kesabaran dan ketabahan dariNya...amiin...

turut berduka cita atas kejadian ini ,,, semoga kejadian yang sama tidak terulang lagi di masa mendatang

Betul mas, tragedi yang mengiris hati. Aku telat mengetahui kabar ini. Semoga aja keluarga korban diberikan ketabahan.

wah..
berita ini heboh..
hampir seharian tadi, semua siaran berita" di tv dan radio mengupas berita ini..
gila kayak tsunami aja tu bencana nya..

gabung ke blog gw ya..
juju-keanehan.blogspot.com
juju-anime.blogspot.com
juju-real.blogspot.com

thnx..

Kagettt juga bang tadi denger beritanya....tapi semoga yang ditimpa di beri ketabahan dan kesabaran....semoga yang tidak mengalami semangat membantu dan menolong.......

Innalillahi Wainnailaihi Raazi'uun... semoga mereka diberi ketabahan....

Iya bung erik ..aku baru tahu beitanya siang ini ...aneh juga ya pada hal terjadinya di dekat ibu kota dan akibat yang ditimbulkannya juga amat dahsyat dan korban jiwanya juga banyak tapi kok kurang terekspose ya.
Innalillahiwainnailaihirajiun...

turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas musibah ini.

turut berduka saya kang, dari pagi rame beritanya di TV aduhhhh jebol gitu tanggulnya...

Hello,

Aku mengajak juga melihat artikel dalam topik serupa:

Tsunami Kecil di Tangerang

Ini adalah seruan agar kita membangun masyarakat yang lebih antisipatif dalam bencana.

Terima kasih...

Salam,
D-

memang ada-ada saja, itu bukan karena di bom ya...

aku turut berduka juga nih kang, semoga bencana ini tidak terjadi di tempat lainnya

Turut berduka...sedih liatnya kak hiks..

turut berduka cita sedalam-dalamnya buat yang menjadi korban tragedi jebolnya tanggul situ guntung.

turut berduka cita... semoga semua korban tabah dan yg disekitar bisa memberikan pertolongan dg iklas.. bukan jd ajang kampanye hiks

yui.. turut berduka juga ..

turut berduka cita niiy...
kmrn siang sih liat beritanya di youtube duh miris bgt...
tadi malam di tipi diliatin ada bapak yg menjemput anaknya yg sdh meninggal duuh...sediih

Ikut prihatin dengan musibah ini...
Kalau menurut saya, ini ada unsur kelalaian, karena menurut berita, beberapa waktu sebelumnya sudah ada laporan dari masyarakat. Sangat beda dengan tsunami Aceh.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un
tempat tinggal bunda tak jauh dari lokasi itu, sampai2 famili juga kontak apakah terkena musibah.. alhamdulillah meski beberapa kali merasakan terkena banjir semoga aja ga' pernah sampai parah rah rah...
makasih Bang... mengingatkan kita semua untuk selalu waspada

Turut berbela sungkawa atas trgedi jebolnya tanggul situ gintung

manusia yang serakah menggunakan lahan.
kalo disekitarnya lebih banyak pohon untuk memberi ruang dan kekuatabn pada Situ, maka situ akan dapat bertahan.

innalillahi wainnailaihi rojiun

semoga cepat teratasi. tragis memang, ya, ini faktor kelalaian mas Erik. Soalnya seudah beberapa bulan lalu, tanggulnya sudah retak

iya mas..turut berduka cita buat para korban, sayang bunda jauh disini..kalo deket aja udah bunda samperin dechh

Saya mau bilang "Semoga pemerintah bisa mengambil pelajaran dari peristiwa ini". Tapi malah kepikiran "Masa pemerintah harus tunggu musibah dulu baru belajar?"
Turut berduka cita sedalam-dalamnya untuk para korban Situ Gintung

Kerusakan yang ditimbulkan akibat jebolnya Situ Gintung diperkirakan mencapai sejauh lima kilometer, termasuk tiga kampung yang mengalami rusak parah

Tragedi Situ Gintung: Bencana Akibat Kelalaian, orang banyak tidak terlalu peduli sama akibat yang kelak akan ditimbulkan.

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -