Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-09-17

Mengamankan Rumah Saat Mudik Lebaran

Mudik saat menjelang Iedul Fitri sudah menjadi tradisi sebagian besar masyarakat di kota-kota besar. Saat rumah kosong karena ditinggal mudik penghuni rumahnya, kadangkala kondisi ini dimanfaatkan sekelompok pencuri untuk menguras harta benda dirumah tersebut. Mereka biasa mengincar tempat tinggal kosong yang ditinggal mudik pemiliknya


Buat sobat yang akan mudik saat lebaran, berikut ada tips mengamankan rumah saat mudik. Tips ini untuk mengecoh atau menghindari calon pencuri yang akan beraksi di rumah, kamar kontrakan, wisma, mes, atau tempat kos.

Berikut tips dari Humas Polda Metro Jaya dalam situs resmi Polda Metro Jaya:

Pertama, letakkan sandal atau sepatu di depan kamar atau halaman rumah, seolah-olah ada penghuni di dalamnya

Kedua, hidupkanlah radio dan nyalakan lampu di dalam rumah atau kamar. Itu dapat membuat ragu calon pencuri.

Ketiga, apabila dana mencukupi, pasanglah CCTV atau lensa pemantau sehingga dapat memutar ulang rekaman suasana rumah selama ditinggal mudik. Jika tidak memiliki dana, bisa memanfaatkan lensa pemantau yang sudah rusak dengan tujuan sekedar membuat ragu calon pencuri.

Keempat, meminta bantuan tetangga dekat atau rekan yang tidak mudik untuk menghidupkan dan mematikan lampu di halaman dan di dalam rumah setiap hari. Cara ini jauh lebih baik ketimbang menghidupkan lampu secara nonstop selama mudik. Calon pencuri biasanya melakukan pemantauan pada siang hari. Bila melihat ada rumah dengan lampu menyala, berarti rumah tersebut tidak ada penghuninya.

Kelima, menitipkan rumah atau kamar kepada saudara dekat, rekan, atau tetangga dekat yang tidak mudik. Namun, jangan lupa memberikan balas jasa seusai mudik.

Keenam, pastikan tidak ada barang berharga yang ditinggalkan di rumah ketika mudik. Kalaupun ada, pastikan disimpan ditempat tertentu yang aman atau dapat dititipkan orang terdekat.

Ketujuh, pastikan jendela, pintu rumah, dan pintu pagar dalam keadaan terkunci baik. Bila ada kunci yang rusak atau tidak berfungsi optimal, lebih baik diperbaiki atau diganti.

Kedelapan, mintalah kepada agen koran untuk tidak mengirimkan koran selama mudik. Untuk surat-surat tagihan, mintalah kepada masing-masing perusahaan untuk mengalihkan ke kantor Anda.

Kesembilan, bila memiliki kebiasaan menaruh kunci cadangan di bawah karpet atau pot tanaman, pastikan kunci tersebut sudah diambil sebelum mudik.

Terakhir, berdoalah kepada Allah SWT. Titipkanlah seluruh harta benda yang merupakan rezeki dari-Nya.

Selamat mudik sobat, semoga selamat sampai tujuan.

Add to Technorati Favorites


10 comments:

lebaran sebentar lagi, hati-hati yang mau mudik...jaga kesehatan dan keselamatan...

beres mas pasti dilaksanakan deh, daripada di jalan deg-deg plas ya kan

ismillah, pamit mudik mas, titip rumah ya mas...

Memasang fotosell untuk otomatis lampu teras juga sedikit membantu.... selamat mudik bagi yang mudik..

Iya bener kang, pencegahan itu perlu..tapi kadang maling nya lebih pinter dari kita hehee..

Nasib kita sama kang.. nggak mudik..soalna anak2 nggak libur..

Paling balik nanti november mulai liburan sekolah..

Seandainya masyarakat sudah bisa membina keamanan mandiri bersama, Insya Allah yang namanya kemalingan bisa dihindari.
Tapi saya setuju dengan tips2 nya, makasih atas sharingnya Bang Erik, salam buat keluarga...:)

Hallo bang erik...tips nya menarik...tapi sayang, saya nggak pulang kampung, emang kampung mana...??? he...he...he...

Bang, bagusnya judulnya dibikin angka bang...misalnya 10 tips...bla...bla...bla...katanya itu lebih seo n ketangkep sama jala-nya google...kata org pinter atuh mmaaaa'!!!

Selalu begitu ya maling tuh...tau aja timing yg tepat! Makasih infonya pak erik....

Assalamualaikum bang erik...
MUDIK MUDIK MUDIKKKK
Tahun ini aku belom bisa mudik nihh,,,pingiiinn banget lebaran dirumah...sayang sikon tak mengijinkan...hiks..bagi yang mudik hati2 dijalan,ingat baik2 pesan bang erik,,hhheee...

hanya 2 tahun merasakan nikmatnya mudik. sekarang dah balik keerja di kota sendiri. jadi mudik tiyap hari hehehe. selamat mudik bagi yang mudik semoga selamat sampai tujuan hingga balik lagi.

lama gak bersua di blognya mas Erik ni, pakabar mas? oia ditunggu komennya dalam tulisan ini eya, plis

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -