Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-11-12

Aplikasi Grapho-Test

|Aplikasi Grafo Test| Sudah beberapa hari saya gak menjenguk pondok ini. Jadi baru bisa update hari ini. Di posting sebelumnya, saya sampaikan informasi dari bu Sinta, bahwa grapho-test dan grapho-theraphy bisa digunakan untuk membantu mengembangkan potensi seorang anak. Aplikasi grafologi sendiri sebenarnya sangat luas dalam kehidupan kita.

Apa sih graphology itu? Grafologi merupakan salah satu metode yang dipergunakan dalam dunia psikologi untuk mengetahui karakter seseorang melalui coretan tangan (tulisan atau tanda tangan).


grafologi, graphologi, grafo test

Dahulu, para ilmuwan Cina telah menerapkan cara mengenali karakter orang menggunakan tulisan tangan. Kemudian pada tahun 1875, Jean Hyppolyte Michon memperkenalkan teori pengenalan karakter orang melalui tulisan ini dengan sebutan Graphology.


Grafo test, selain untuk tujuan graphotherapy pada anak-anak dibawah usia 13 tahun, hasil analisis tulisan tangan ini bisa digunakan di segala aktivitas manusia dan bermacam interaksi. Mulai dari bidang ilmu kesehatan, pendidikan, jurnalistik, recruitment (menyeleksi dan promosi) karyawan yang tepat, sampai membantu mengungkap kriminalitas.


Berkaitan dengan kriminalitas, bu Sinta pernah menangani kasus pencurian ponsel di sebuah sekolah. Ya bermodalkan dari tulisan tangan orang-orang yang dicurigai. Ternyata Polri juga memiliki grafolog. Bu Sinta baru mengetahu hal itu ketika ia didatangi polisi yang juga grafolog. Ternyata dalam dunia kriminalitas, tulisan tangan bisa menjadi kunci menguak kejahatan selain DNA dan sidik jari.


Dulu sewaktu masih bekerja dan ia melihat surat lamaran di meja temannya, bu Sinta mengomentari soal kepribadian pelamar. Temannya tidak percaya. Akhirnya pelamar tersebut dipanggil dan apa yang disampaikan bu Sinta sesuai dengan gambaran pelamar.


Bu Sinta juga pernah diminta membantu dalam kasus gugat cerai. Lewat tulisan tangan pula Sinta pernah mendamaikan sepasang suami istri yang hampir bercerai. Padahal pasangan itu termasuk keluarga berpendidikan. Dua-duanya bergelar doktor. Namun karena karakter keduanya bertentangan, maka bahtera keluarga pasangan itu terombang-ambing. Akhirnya, melalui analisis tulisan tangan pasangan itu bisa menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing.


Tidak semua orang mengetahui potensi dan kemampuan yang ada pada dirinya. Padahal dengan mengetahui potensi dan kemampuan, maka orang tersebut dapat lebih mengetahui karakter dan kepribadian diri yang sesungguhnya. Sangat disayangkan memang, bagaimana bisa mengenal dan berkomunikasi dengan baik kepada orang lain, jika kita saja masih belum mengenal karakter, kelemahan dan kekuatan diri sendiri.


Di luar negeri, grafo test juga sudah menjadi bagian dari forensik atau biometrik. Di Amerika Serikat, grafo test digunakan juga untuk mengetahui kejujuran, kestabilan emosi, kemungkinan bertindak kasar dan judgement. Di Australia bahkan dipergunakan oleh The Australian Federal, State & Territory Police sebagai bentuk test yang lebih akurat daripada lie detector. Di Perancis dan Swiss banyak perusahaan menggunakan grafo test untuk mencari karakter karyawan yang sesuai dengan kriteria perusahaan.


Menurut bu Sinta, salah satu keunggulan grafo test adalah tidak dapat dibohongi. Walaupun seseorang berusaha mengubah tulisannya, seorang grafolog akan tetap bisa menangkap dan melihat bentuk dasar dari tulisan sebenarnya.


Dari tulisan tangan seseorang, melalui grafo-test, seorang grafolog dapat mengetahui:
1. Motivasi
2. Kestabilan emosi
3. Bidang/minat yang sesuai
4. Keadaan mental
5. Kecenderungan intelektual
6. Kekuatan dan kelemahannya


Nah, itulah sebabnya kalau mengirimkan surat lamaran kerja, kita diminta menggunakan tulisan tangan, bukan tulisan menggunakan mesin ketik atau komputer.
Bagaimana grafolog membaca karakter seseorang dari coretan tangannya? Ikuti saja di posting berikutnya :)



14 comments:

Wah ulasan Abang makin menarik dan menukik, nih! Whienda percaya peran besar Graphologi dalam banyak bidang termasuk kriminologi maupun therapis lainya. Bagaimana pendapat Abang dengan logika sederhana berikut:
Perilaku seseorang itu 'kan bisa berubah. Apakah jika perilaku seseorang berubah trus tulisan tangannya juga ikut berubah?
Yang kedua, perilaku itu kan mengalir dari paradigma seseorang, mana lebih efektif dalam perbaikan perilaku, mengubah tulisan tangan atau mengubah paradigma melalui stimulus tertentu? Wah ini bisa jadi diskusi menarik,Bang! Salut, and great regard!

wah, mangtafff
langsung berburu info detailnya
matur tengkyu kang

sangat mantab
salam hangat selalu
pacabar

emmm menarik...masalah tulisan ini saya sering melihat tulisan resep dari dokter yang nggak bisa kita baca dan rata-rata tulisan itu sama. yang bisa baca hanya mereka yang bekerja sebagai apoteker.

nah kaitan dengan grafologi ini apa dokter memiliki karakter yang sama atau gimana..??

kok bisa ya??? kalo tulisannya sulit dibaca seperti cacing saya bisa menebak tuh, pasti dokter, heheheee

wakh keren buanget ntuh....apakah sopwernya gratis om?

wow ternyata grafo test banyak manfaatnya yah mas, cuma lewat tulisan tangan kita jadi tau karakter orang ehm di Indonesia sepertinya belum terlalu banyak diterapkan yah, kan lumayan bisa membantu untuk mengungkap kejahatan tu;)

habat juga sekarang memang ada ilmunya untuk membaca arti tulisan tangan yaa..bertambah lagi nich ilmu saya, thanx sharenya ya

Tulisan yang ini lebih mendalam dari sebelumnya. grafo test bermanfaat sekali. betul ngak Bang. hehehehe :D

Grafologi ini semestinya bisa dimanfaatkan untuk menguji kebenaran statement para saksi dan nama-nama yang disebut pada kasus AA dan KPK-POLRI. Setidaknya bisa menyeimbangi kebenaran lie detector, bukan begitu???

nice share posting tentang gravo test... tulisan tangan ternyata bisa digunakan untuk mengetahui EQ seseorang yupz..

informasinya bagus bang erik kira-kira dengan tulisanku kayak begini cocok jadi apa ya bang??hehhe

informasi menarik, pasti aku dateng lagi, pingin banget baca lanjutannya.

haha, kalo kaya tulisan dokter gimana yah :p

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -