Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-10-26

Larangan Belok Kiri Langsung | UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No. 22 Thn. 2009

Beberapa hari yang lalu, saya menonton salah satu acara di TVOne yang isinya mengenai larangan berbelok kiri langsung saat di persimpangan jalan. Hal tercantum dalam UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jika Melanggar akan dikenakan denda sebesar 250 ribu rupiah.


Saat acara tersebut, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Condro Kirono yang diwawancarai melalui telepon, mengakui hal tersebut. Menurutnya, mulai saat ini pengendara dilarang langsung belok kiri saat di persimpangan jalan.


Tingginya tilangan itu kata Direktur Lalulintas disamping membuat efek jera kepada pelaku pelanggaran, juga sebagai titik awal agar masyarakat sadar dengan peraturan lalu lintas.


Sebelumnya, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993, tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan memang memperbolehkan belok kiri langsung. Namun kini berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009, hal tersebut tidak lagi diperkenankan lagi. Meski demikian, pihak kepolisian akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat selama 6 bulan sebelum undang-undang yang baru ini benar-benar diberlakukan.


Mengapa Tidak Boleh Langsung Belok Kiri?

Alasannya adalah untuk memberikan jaminan keselamatan ke penyeberang jalan. Pengendara yang berbelok kiri langsung selama ini tidak memberikan peluang bagi pejalan kaki untuk menyeberang. Jadi, kendaraan yang mau belok kiri langsung berbelok tanpa memberikan kesempatan ke pejalan kaki meskipun lampu sudah merah untuk yang lurus.


Peraturan ini berlaku universal. Di beberapa negara maju seperti Jepang dan Singapura, aturan tersebut sudah diterapkan sejak lama.



14 comments:

iya nich.. peraturan ganti2 mulu.... padahal di balikpapan gak macet2 ama tuh...

Senengnya ganti2 aturan, kalo ada yang gak sengaja nglanggar kena tilang :D

waduhh, kalo2 buru2 gimana nih..
maklum anak kulia haha sukanya mepet2 klo kul
masak harus putar balik,

wahhhh jadi jadi kesempatan emas bagi oknum polisi untuk mendapatkan uang lebih
hmmmmmmm.......

Waspadai oknum polisi yang diam di bawah pohon :D

waduh peraturannya kok ganti lagi. jadi bingung

kalau belok kiri boleh langsung kasihan pejalan kaki yang mau nyebrang kang...
saya setuju ama peraturan ini

Bener gitu, Bang! Kalo belok, baik ke kiri maupun ke kanan, tidak boleh langsung! Ntar sakit! Kalau lurus baru boleh langsung. Walaaah, Whienda sok tahu, nih!

waaa mesti lebih hati-hati nih biar gak kena tilang, jadi sekarang gak boleh yah belok kiri langsung, baiklah kalo begitu:)

Dari dulu sampai sekarang selalu gonta-ganti aturan. Tapi aktualisasinya dan pengawasannya itu lho yang tidak mendukung...

Semoga lalu lintas lebih tertib dan kecelakaan berkurang

memang harus ada perubahan ke ara perbaikan ,apalagi kalau kita masih mempunyai trotoar yg nyaman buat pejalan kaki..slama ini justru trotoar yg diambil sdikit atau semuanya utk pelebaran jalan...kasian pejalan kaki..

sebenarnya setuju-setuju aja dengan aturan ini, tapi kok tanda kotak berwarna biru yang bertuliskan "Belok Kiri Jalan Terus" masih saja nangkrin di perempatan-perempatan yah, kok gak ada tanda-tanda mau diganti atau di cabutin.

I am really еnϳoyіng the theme/ԁеsign of your
ωeb site. Do уοu ever run intο аnу
іnternеt brоwseг cοmpatibіlity ρroblems?
A handful οf my blοg rеаԁers haνe complainеd abοut my websіte nοt working corrесtly in Explоrer but looks greаt
іn Chrome. Do you havе аnу іdeas to help fіx thіs iѕsue?


Feel fгеe to suгf to my hοmepаge http://www.quelltext.de/node/45828

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -