Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-10-13

Tips Mengamankan Password

Password merupakan sarana buat kita untuk memproteksi akses terhadap data atau aplikasi atau layanan tertentu berupa account tertentu. Walaupun sudah kita rahasiakan, namun kadangkala password tersebut masih dapat dibobol, baik karena memang karena kelengahan kita ataupun karena sengaja dicuri atau dibobol dengan dihack.

Kasus kebocoran password puluhan ribu pengguna Hotmail dan layanan serupa memang membuat kita harus lebih berhati-hati lagi dalam mengamankan akun yang kita gunakan. Beberapa pihak bahkan telah menyarankan pada para pengguna layanan Hotmail, Gmail dan Yahoo Mail untuk mengubah password mereka.

Begitu pula dengan Google. Untuk membantu para peselancar dunia maya agar tidak menjadi korban, melalui consumer operations associatenya, Michael Santerre membagikan tipsnya dalam urusan membuat password.

Santerre memberikan beberapa tipsnya untuk mengamankan dan mempersulit pencurian password:

Password yang aman sebaiknya merupakan perpaduan dari huruf, angka dan simbol untuk meminimalisir risiko serangan kamus. Serangan kamus adalah trik yang banyak dipakai oleh cybercriminal di mana ia mencoba setiap kata yang ada di database kamus yang berpotensi menjadi password.

Hindari memakai informasi pribadi sebagai password. Hal seperti ini banyak ditemukan di profil-profil situs jejaring. Hindari juga pemakaian password yang menandung nama binatang peliharaan, anak, tanggal lahir, nomor telepon, alamat dan sejenisnya.

Selain itu jangan pernah menaruh catatan mengenai isi password di dekat komputer.

Add to Technorati Favorites

23 comments:

halo bang
udh lama aku gk kesini maap ya heheheh....

Paword yang mudah ditebak sangat beresiko bagi kita. Terima kasih infonya

wah...emang pengguna gmail juga disaranin ganti password yah

sore
kunjungan perdana
salam hangat selalu

wah makasih ya infonya

untung saya ga pake layanan hotmail mas

emang sekarang rata2 password menggunakan kombinasi antara huruf dan angka

Nice sharing pak,,,,,,password saya juga gitu,,28 karakter malah....

Oh ya, sdh baca cerpen terbaru saya??madam durja....

Terima kasih bro.
Segera dilaksanakan.

kalo dulu sekali paswor 4 karakter, trus jadi 6 karakter dan sekarang yang terakhr malah harus paling tidak 8 karakter dan dikombine.

betul banget deh, dan katanya harus periodik diganti.. waah repot ya...

Lapor gan, blognya udah ku follow ...follow balik ya :D

Oh, gitu ya? Bikin pasword aja kok dijahili orang! Bang, punya tip agar ga' lupa password? Soalnya Whienda lupa melulu, sih ..mau nyanyi aja lupa syairnya ...

hehehe kirain dgembokin aja udah cukup aman mas
wokeee seppp...

wah, tips yang bagus kang...lanjutkan

jadi bingung nich, memeihara paswod
aku punya email 5 tapi paswodnya sama semua

:):):) Yaa kita kadang suka teledor... kalo udah kecolongan baru sibuuuuk...

Thank's mang... nice tips..

paswor-ku kayaknya juga gampang ditebak, pasrah...(soale kaluk yg unik banget malah aku dewe yo lali mas hehe...)

thanks untuk tips mengamankan password nya, mas :)
salam kenal..

password itu masukin saku....

Wahh keren2 nih content-nya..
kembangkan lagi..
mudah2an blog saya bisa bagus kaya gini. Hha.

Salam kenal dari Ce-Tek
(Cerdas Teknologi : Berita dan Informasi seputar Teknologi)
Silahkan berkunjung dan jgn lupa komentar di blog saya yahh.. Hhee..
Mohon kritik dan saran buat blog baru saya.

Wah bagus juga artikelnya, selama ini saya jarang sekali mengaplikasikan pw pada materi-materi file elektronik saya, mungkin hanya ATM yang sering telat debetnya yang ada pw-nya he...he...he...mungkin suatu saat kelak saya baru membutuhkan pengamanan yang extra pada properti saya he..he..he....trims for the good sharing!

sayangi password anda melebihi istri anda.

Kata bijak hari ini...

duh kalo bunda..sering lupa sama password tuch.... jadinya passwordnya bunda sama semua... kalo ada yang tau bisa gaswatttt..

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -