Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-11-08

Grafologi, Gali potensi anak lewat coretan tangan

Grafologi, Gali potensi lewat coretan tangan. Tanggal 7 Nopember 2009, pada salah satu acaranya yang saya tonton, tvone mengadakan acara dialog dengan bu Sinta, seorang yang berprofesi grafolog. Tema pembicaraan seputar grafologi tentunya, hanya saat itu lebih ditekankan pada pemanfaatan grafologi untuk mengembangkan potensi anak. Bu Sinta juga sudah menerbitkan buku Menggali potensi anak lewat coretan tangan.

Menurut bu Sinta, nama panggilan Achsinfina H.S.,CHA, grafolog yang berpraktik di kawasan Bintaro ini, sebenarnya grafologi itu sendiri banyak sekali kegunaan dan aplikasinya. Melalui tulisan tangan yang sudah jarang kita lakukan seiring maraknya layanan pesan singkat dan surat elektronik itu, sebenarnya bisa menjadi pintu gerbang buat mengorek kepribadian dan karakter seseorang. Coretan tangan yang dianalisis bisa berupa tulisan tangan atau tanda tangan.


Camillo Baldi dalam bukunya A Method to Recognize the Nature and Quality of a Writer mengatakan bahwa tak bisa disangkal lagi bahwa tulisan tangan seseorang itu khas. Karakteristik bentuknya tidak bisa benar-benar ditiru oleh orang lain. Camillo adalah dokter dan filsuf dari Italia serta guru besar di Universitas Bologna. Bukunya A Method to Recognize the Nature and Quality of a Writer diterbitkan tahun 1622 dan diyakini menjadi buku pertama yang menganalisis tulisan tangan.


grafologi, graphologi, grafo test

Tulisan tangan memang bukan hasil karya tangan semata. Ada yang menyatakan bahwa tulisan tangan seharusnya disebut dengan tulisan otak sebab perintah gerak yang membuat tulisan berasal dari otak, bukan dari tangan. Karena itu tidak aneh jika ada orang yang bisa menulis menggunakan kaki.


Menurut bu Sinta, karakter seseorang merupakan rangsangan dari lingkungan sejak kecil hingga besar. Bentuk atau ukuran huruf seseorang bisa saja berubah, tapi gerakan spontan saat anak-anak membuat tulisan cakar ayamnya akan tetap terlihat.


Agar bisa dianalisis oleh bu Sinta, maka kita harus menulis minimal 15 baris tulisan tangan (Grafo test). Tulisan tadi harus digoreskan di atas kertas HVS berbobot sekitar 80 g tanpa garis. Mengapa polos? Baseline atau kerataan tulisan ternyata termasuk faktor yang dinilai. Isi tulisan boleh apa saja. Bukan isi tulisan yang dinilai. Juga kita tidak perlu mengerahkan ingatan bagaimana membuat tulisan halus. Grafologi tidak menilai apakah tulisan tersebut rapi atau berantakan. Alat tulisnya harus menggunakan bolpoin standar. Lebih bagus warna hitam. Alat tulis seperti boxy atau pulpen, dapat membuat analisis bias sebab kuat lemah tekanan tulisan tidak terbaca.


Sebenarnya, semua orang bisa mempelajari grafologi ini. Tidak ada kualifikasi khusus untuk menjadi grafolog. Hanya kemampuan untuk disiplin saja modalnya. Soal keakuratan penilaian, bu Sinta menyatakan bahwa di atas 90% analisisnya sesuai dengan karakter ternilai.


Banyak anak masa sekarang (dibawah 13 tahun), terutama yang hidup di kota-kota besar, mengalami masalah seperti tidak mau belajar, cenderung cuek dengan lingkungan, pemarah, pemalu, atau hiperaktif. Dengan menjalani terapi yang terdiri atas empat sesi, anak-anak mulai “dibentuk” ke arah yang positif. Tulisan tangan bisa dibentuk untuk mengubah hal-hal yang kurang pada seseorang.


Jadi khusus untuk anak berusia di bawah 13 tahun, masih dimungkinkan adanya grafo terapi, yaitu terapi yang ditujukan untuk membentuk karakteri anak menjadi lebih baik dengan cara mengajarkan bentuk tulisan yang sesuai dengan karakter yang baik tersebut. Contoh untuk anak autis, dalam beberapa kasus setelah diterapi bisa meningkatkan konsentrasi sang anak. Sayangnya, untuk orang dewasa, terapi ini agak sulit mengubah karakter kita. Tetapi dari grafo test ini kita tetap bisa memperoleh manfaat yang besar dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan diri kita masing-masing


Yang perlu kita ketahui lagi, grafologi tidak dapat digunakan sebagai sarana memberikan gambaran masa depan seseorang (bukan meramal). Namun, grafologi dapat memberikan gambaran mengenai cara seseorang memandang diri dan masa depan serta kecenderungan perilaku yang belum diketahuinya saat ini, namun ternyata ada dalam dirinya.




22 comments:

Luar biasa! Makin banyak cara untuk membantu manusia menciptakan nasib baik, sebagaimana caranya Bu Sinta. Whienda sependapat dengan Abang.Ini bukan soal ramal-meramal. Tapi nasib memang lebih banyak ditentukan oleh karakter seseorang yang dimulai dari cara memandang. Termasuk cara memandang diri sendiri dan masa depannya. Tulisan tangan/tanda tangan memang sesuatu yang presisten dan konsisten yang dilakukan oleh seseorang, yang dengan demikian diyakini banyak ahli psikologi sebagai gambaran
sebuah karakter. Sungkem, bang!

Apakah grafologi termasuk cabang dari psikologi? Terima kasih penjelasannya

masa sih nasib udah bisa diketahui dari kecil...mungkin juga ya soalnya sekarang semua prilaku udah bisa diterjemahkan..

benar juga ya, malahan ada yang nulis pake mulut, seorang warga Inggris saya lupa namanya..karena cacat ia menulis memakain mulut.

mengenal seseorang atau diri sendiri lewat tulisan tangan.... sepertinya menarik

bener mas, ada juga yang dari primagama ... keren banget

iya kang =))
aku juga kalo nulis fikirannya lagi kacau, beda dengan nulis waktu fikirannya lagi bagus... =))

apa khabar kang erik?

subhanallah ...bagus banget kak postingannya...i miss u so much kakaku...assalamu'alaykum wrwb

ini termasuk cabang ilmu psikologi kali ya...? Atau sejenis ilmu ramal....?

Top banget mang.... tapi kalo nilai tulisan tanganku kali aja bu Sinta itu kebingungan.. karena sering berubah-rubah... tergantung mood hahahaha....

Memang menggali potensi dapat dengan berbagai macam cara, tetapi untuk yang satu ini bisa juga untuk diterapkan. thanks infonya Bang Erik.

kasih nomer tlpon lagi, ntar ada penyalah gunaan .. :)
mending kalo mau nomer telponnya ntar via ym aja

Susah gak ya membaca tulisan anak-2..?? ^_^

wakh keren ntuh....om, ane ambil sebagi ilmu jika kelak ada penerusnya

mau juga donk mas tulisanku dianalisis gitu, ehm kira-kira hasilnya apa yah?!? tapi diriku kan bukan anak-anak lagi, udah telat kali yah hehehe

Grafologi,... baru saya dengar dan baca disini.
terima kasih atas sharingnya.

salam kenal kang...wuihh mantep banget blog nya, Grafologi, aku juga baru tahu...tapi memang dari tulisan tangan biasanya seseorang bisa diliat seperti apa kepribadiannya, thanks for sharing...trus berkarya..:)

wah kang eriikk..

kalo tulisan tangan ty artinya apa yaahh, kaya corat-coret itu maah hahahah

*langsung konsul ke bu Sinta*

tulisan tangan bisa melambangkan keperibadian seserang ya....
kalau saya nulis memang paling malas dan kalau tulisan saya tidak ada yang bisa baca kecuali saya sendiri...

btw. thank udah link blog aku blog ini pun udah aku pasang di blog aku...

happy blogging bro...

Grafologi. Seperti yang sering t denger itu tulisan tangan seseorang memang mewakili diri orang itu sendiri... :D Masalahnya huruf seseorang itu berubah (seperti t juga hurufnya berubah) Waktu SD, SMP dan SMA ;))

Sangat setuju bahwa grafologi ini bukan meramal, melainkan memang bisa menggali potensi diri seseorang. Tak heran bila ilmu ini masih dimanfaatkan oleh banyak perusahaan untuk menilai kepribadian seseorang melalui surat lamaran yang ditulis tangan, bukan menggunakan tulisan mesin.

ilmu yg hebat, salut buat yg mendalami...

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -