Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-04-14

Asal Usul Donat

Asal Usul Donat Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya donat. Penggemar donat sangatlah banyak. Tidak hanya yang di Indonesia, orang Amerikapun sangat akrab dengan donat, karena donat sering dijadikan sarapan mereka. Kebiasaan makan donat di pagi hari sudah menjadi kebiasaan sejak abad ke-18.


Menurut beberapa sumber yang saya baca, ternyata donat berasal dari Belanda. Hanya saja bentuknya tidak seperti sekarang yang berbentuk gelang. Dulu berbentuk bulat seperti bola. Namanya juga bukan donat, tapi olykoeks atau olly cakes. Akhirnya kue ini melanglang buana hingga sampai ke daratan Amerika. Dan warga Amerikapun langsung menyukainya.

aneka resep donat hias ukir tukang nggame
Namun karena orang Amerika melihat bahwa dengan bentuknya yang bulat itu tidak matang semua, sehingga sulit memasaknya. Lalu mereka mencoba dengan bentuk yang lain. Akhirnya ditemukan bentuk yang membuat praktis dalam memasaknya, yaitu dengan cara dipilin atau dikepang. Dengan cara dikepang, maka donat akan mudah terbalik sendiri, sehingga pembuat donat tidak perlu repot membalik donat saat memasaknya.

Sebenarnya ada mitos lain yang mengisahkan mengapa bentuk donat berubah, tapi rasanya gak penting buat kita mengetahui siapa dan kapan orang mengubah bentuk donatnya. Yang jelas dari tahun ke tahun, dari abad ke abad, donat menjadi kudapan yang diterima banyak orang. Sejarah mencatat, sejak tahun 1920-an donat sudah diproduksi secara masal. Selain sebagai sarapan pagi, donat juga menjadi snack di teater.

Pada awalnya, donat disantap bersama buah segar, seperti apel, plum, atau buah lainnya yang kebetulan sedang musim. Akhirnya orang mulai menambahkan rempah-rempah. Dan sekarang sudah lebih banyak lagi variasi resep donat yang dibuat orang, mulai dari isinya sampai adonan donatnya (kulitnya)



Silahkan baca juga:

Artikel Downloads dan Free lainnya:

Download gratis antivirus terbaru

Free SMS lucu, Ramalan cinta dan karir
Free download, e-book gratis
Free download antivirus Smadav 2009 Rev.3
norman_conficker_cleaner.exe
Download video mesum nafa urbach
Lagu Nuansa Bening - Vidi Aldiano
Miyabi a.k.a Maria Ozawa, Julia Perez
Dewi Persik, Julia Perez
Download 3gp Sayiful Jamil vs Kiki Fatmala
Video mesum mirip Dhea Imut


Artikel Baru lainnya:

Free Download MP3 Lagu Indonesia Populer - Gratis
SPG Djarum Black Semarang
Kista Ovarium (Indung Telur)
Download gratis antivirus terbaru
Free SMS lucu, Ramalan cinta dan karir
tukang nggame
Oriental circus Indonesia
tukang nggame
iPhone 3G Telkomsel
Free download, e-book gratis
Menghafal dengan metode Hanifida
Free download antivirus Smadav 2009 Rev.3
Quick count hasil pemilu 2009
Kamar untuk Caleg depresi mental
Hasil Pemilu 2009
Update quick count hasil pemilu legistatif 2009
Tabulasi nasional hasil Pemilu 2009


Author: tukang nggame
Published by tukang nggame
Distributed tukang nggame

26 comments:

mas aku pengin buat donat yang bentuknya menyerupai itik, bisa gak ya??
he..he

Donat sekarang kagak bolong tengahnya lagi...

tapi dikampungku, setiap kue yang bolong tengah selalu dinamakan donat.!!!

oooow gitu yak kang, asal-usul donat... baru mudeng nie...

hehehe, kalo asal-usul donatur itu dari mana kang! :D

mmm jadi pengen donat topping coklat kacang waaa

sering bikin saya Mas Erik tapi baru tahu asalusulnya nih.

nyam nyam...jadi penggeen donaattt

ehmmmm donat?? itu favorit saya lho hehehee

paling ku suka makan donat bro.. satu ajadah cukup... tapi kalo dah banyak.. ngga ingin lagi.. kata orang sini "jele'" yang artinya, bosan.. ngga ketelan lagi deh... hehehehe... nice info.. jadi tahu asal usul donat...

hmm...jadi ngiler nih.

Wah gpp kok, antivir-nya over protected ya mas erik.

Yang ada warning, pas download file yang mana Mas Erik? Tar biar saya kirimin.

Donat!donat!! Pondokku jualan donat!!! :D

Jadi kepingin donat neh, favnya anak-anak...:)

org malaysia pun suka donut hehe

beuhhhh, ternyata julia perez sekarang yah kang :D

baidewei, weleh ini buanyak bener dan rame sekarang visitornya, selamat dan sukes :)

Semangat komen karena yg dibicarakan makanan kegemaran !! Hehehe...
Walaupun aku suka donat, tapi selama ini gak tau lho asal usulnya, mas.

dooh si abang tau aja kalo diriku suka donat.. hmm nyamm..nyamm...

Hm namun sekarang dunkin donut jadi rajanaya donat

Saya suka banget mang sama donat....

iya tuh dunkin inyak ....hehehehe

aku punya ponakan namanya pipi donut. hi hi secara dulu waktu kecil pipinya tembem ..

aku sich dulu suka donut, sekarang kok enggak ya? apa mungkin karena sudah kebanyakan donut dimana mana?

Tapi donut tetap lah donut. Kalau lagi laper tetap menjadi incaran yang aduhai ... di perut. Jadi kapan nich mas, kita ditraktir donutnya? he he

udah lama nggak makan donat

Jadi ingat waktu kecil jualan donat ...

haha.. keren ya donut aja bisa jadi bahasan menarik.

interesting topic :D

waktu donat masih bulat namanya onde-onde

donut-donatur-donasi...beda wujud, warna, maupun adonannya, tapi sama rasanya!, manisssss kalo dapetin.

ya tuh mang
macem2 aja donat jaman skrg
dari dunkin donuts hingga mungkin donuts..
he...he

bagi donatnya dong bang.... laper nih..
hehe.. nice posting
salam

bikin donat ahhh :D
erik mau??

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -