Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan

Dan nikmat Tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan?

Update blog sobat

2009-04-28

Gejala Flu Babi - Swine Flu

Flu Babi, dengan type virus H1N1 ini menyebar dengan sangat cepat. Sejak kasus pertama ditemukan pada bulan Maret lalu, sudah ada temuan kasus yang menular dari manusia ke manusia. Flu ini disebut-sebut merupakan kombinasi antara flu manusia, flu burung, dan flu babi.


Pemicunya hampir mirip dengan flu burung. Berasal dari binatang yang demam, batuk dan depresi," kata Dirjen Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Tjandra Yoga di Makassar.

"Termasuk kasus 8 pasien di Amerika, sudah human to human karena terjadi di 3 cluster," jelasnya.

Namun Tjandra menegaskan, virus ini berbeda dengan tipe flu burung. Jika flu burung bertipe H5N1, maka flu babi H1N1.

"H1N1 mirip dengan flu biasa yang dialami manusia," tambahnya.

Flu tersebut telah membunuh lebih dari 103 orang di Meksiko dan menginfeksi sekitar 1.300orang di Meksiko. Sekolah diliburkan dan acara-acara publik dibatalkan di Kota Meksiko gara-gara menyebarnya flu ini. Karena ketakutan wabah flu babi, warga meksiko memborong DVD dan memilih tinggal di rumah.

Virus ini juga telah merambah ke Amerika Serikat dan menginfeksi 11 orang di California, Texas, dan Kansas.

Reuters, Minggu (26/4/2009), menyebutkan, sekelompok guru dan murid di kota Auckland yang baru pulang dari Meksiko terindikasi terserang flu sehari setelah tiba di tanah air. Setelah menjalani uji laboratorium, 10 dari 25 guru dan murid itu dipastikan terinfeksi virus flu tipe A.

Hasil dari pengujian laboratorium itu telah dikirim ke laboratorium WHO di Australia untuk dipastikan apakah virus tersebut H1N1 atau bukan.

WHO belum menyatakan penyakit tersebut sebagai pandemi global. Namun WHO memperingatkan kemungkinan itu bisa saja terjadi dan menyerukan agar seluruh dunia waspada terhadap virus flu babi ini.


Pemerintah Indonesia saat ini terus memantau perkembangan berita mengenai virus flu babi yang mematikan tersebut. Jika memang dianggap ancaman oleh Indonesia, travel ban atau larangan masuk bisa saja segera diberlakukan bagi warga yang berasal dari dua negara itu.

Pemerintah bisa saja segera memberlakukan larangan masuk bagi warga AS dan Meksiko dalam rangka mencegah masuknya virus flu babi ke Indonesia. Pengambilan keputusan itu tidak harus berdasarkan rekomendasi World Health Organization (WHO).


Gejala Flu Babi


Pada umumnya, gejala infeksi flu babi pada manusia mirip dengan flu biasa pada manusia, yakni :

- Demam secara tiba-tiba
- Batuk.
- Nyeri otot
- Sakit tenggorokan
- Kelelahan yang berlebih
- Muntah-muntah
- diare

Walaupun konon virus flu babi ini tidak terdapat pada daerah tropis, hanya terdapat pada negara atau daerah yang memiliki 4 musim atau subtropics, namun kita perlu mewaspadai. Karena penyakit ini bersifat zoonosis dan juga dapat menular antar manusia.




13 comments:

Pada Flu Burung, virus H5N1 tidak ada penularan antar manusia. Dugaaan sementara, virus H1N1 penyebab Flu Babi dapat menular antar manusia

Berdasar pada keterangan WHO, sejatinya virus influenza tipe A dengan sub tipe H1N1 penyebab flu babi sudah lama ada didalam tubuh

Virus H1N1 yang penyebab flu babi sejauh ini dilaporkan punya sifat mirip H5N1 penyebab flu burung

WHO menyatakan virus penyebab flu ini sebagai berpotensi menjadi pandemic. Virus ini umumnya berjangkit melalui kontak langsung dengan babi

Peternakan babi di Tangerang diawasi

semalem liyat tv berita yang hangat ya flu babi

duch aku lagi flu nich ..
maaf ya mas erik, mudah2an blognya gak tertular virus flu ku ..*he he canda mas*

susah juga ya, gejalanya mirip tapi pengobatannya tak seperti flu pada umumnya ..

harus siyap2 masker neh bang

flu burung, apa burung flu, flu singapura, sekarang flu babi, besok flu apalagi ya kang?

flu sapi?
Flu anjing?
Flu kucing?
enggakk tahu deh...

H5N1 utk virus flu burung dan SwineFlu atau Flu Babi itu H1N1.
obatnya menurut info yg saya peroleh dr medical news yg sudah di launch FDA a/ Oseltamivir (Tamiflu)

Pemerintah Indonesia masih menggunakan pendeteksi panas tubuh (thermal scanner) dan cairan disinfektan untuk mengetahui warga yang baru datang dari luar negeri apakah terinfeksi penyakit flu babi ataupun flu singapura ataupun flu Hongkong. Warga yang datang dan terdeteksi akan diperiksa di klinik yang sudah disediakan di bandara Soekarno Hatta dan 9 bandara Internasional lainnya seperti Bandara Juanda dan lain-lain.

Pencegahan penyakit Flu Baby :

- Pemakaian masker
- Tidak melakukan kontak langsung dengan penderita Flu Babi seperti, berjabat tangan, berciuman, dan lain-lain.
- Mencuci tangan dengan sabun antiseptic dibawah air yang mengalir.

Spanyol adalah negara pertama yang terjangkit penyakit ini, sebelum akhirnya meluas ke Canada, Selandia Baru, Amerika Serikat dan Perancis serta Mexico City.

Penyakit sekarang makin aneh-2 aja...
Semoga cepet ketemu tuh obat untuk mengatasinya sebelum menular kemana-mana...

Post a Comment

Terimakasih atas komentarnya

 
 

AL Asma'ul Husna

Sahabat Pondokku

~PONDOK-KU~ - | Copyright 2009 Blogger.com| - - - - - - - -